BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH; PRINSIP DAN ASAS

ERISA KURNIATI

Sari


Pada dasarnya bimbingan dan konseling juga merupakan upaya bantuan untuk menunjukan perkembangan manusia secara optimal baik secara kelompok maupun idividu sesuia dengan hakekat kemanusiannya dengan berbagai potensi, kelebihan dan kekurangan, kelemahan serta permasalahannya. Penyelanggaraan layanan dan kegiatan bimbingan dan konseling selain dimuati oleh fungsi, didasarkan juga pada prinsip-prinsip bimbingan dan  memenuhi sejumlah asas bimbingan.Pemenuhan atas prinsip-prinsip dan asas-asas itu akan memperlancar pelakasanaan dan lebih menjamin keberhasilan layanan/kegiatan, sedangkan pengingkarannya akan dapat menghambat atau bahkan menggagalkan pelaksanaan serta mengurangi atau mengaburkan hasil layanan kegiatan.

Kata Kunci: Bimbingan, Konseling, Prinsip, Asas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hallen, 2002. Bimbingan dan Konseling. Liputan Press : Jakarta

Nurihsan Juntika. 2006. Bimbingan dan Koseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. PT RFIKA ADITAMA : Bandung

Prayitno dan Erman Amfi. 1995. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Reneka Cipta: Jakarta

Sukardi, Ketut, Dewa. 2000. Pengantar Pelaksana Program Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta: Jakarta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek. Maestro: Bandung

Tidjan, dkk. 2000. Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengan. UNY Press: Yogyakarta

Tohirin. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Masyarakat (Berbasis Integrasi). Raja Grafindo Persada: Jakarta

Yusuf, Syamsu, dkk. 2009. Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosdakarya: Bandung.

http://clambitez.blogspot.com/2011/05/prinsip-prinsip-bimbingan-konseling.html


Article Metrics

Sari view : 43 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.