KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

LINDA FITRIA, MENRISAL MENRISAL

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Padang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 orang siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kontribusi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar TIK sebesar 3,61%. Sedangkan kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar TIK sebesar 6,96%. Serta kontribusi kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar TIK sebesar 8,2%. Dari uji analisis data didapatkan bahwa data normal dan linier. Hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0,05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai rx1ysebesar 0,190 dengan rtabel 0,184 karena rhitung > rtabel maka hipotesis pertama diterima.  Kemudian nilai rx2y sebesar 0,264 dengan rtabel 0,184, karena rhitung > rtabel maka hipotesis kedua diterima. Selanjutnya nilai rx1x2y sebesar 0,286 dengan rtabel 0,184, karena rhitung > rtabel maka hipotesis ketiga diterima. Dan didukung oleh nilai Fhitung = 5,125 dan Ftabel = 1,364 sehingga diperoleh Fhitung> Ftabel (5,125>1,364). Dengan demikian hipotesis ketiga diterima, yang berarti bahwa terdapat kontribusi yang yang positif dan signifikan kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Padang.

 

Kata Kunci: kecerdasan emosional, disiplin belajar, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anas, Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Rajawali Pers.

Cooper & Syawaf. 2009. Kecerdasan Emosional dan Pembagiannya. Jakarta: Rineka Cipta.

Daniel, Goleman. 2005. Kecerdasan Emosional. Bandung: Alfabeta.

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.

Fitria, L. (2016). Hubungan antara pengasuhan orangtua dengan penyesuaian diri siswa terhadap peraturan sekolah. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosional: Gramedia Pustaka Utama.

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar (Cover Baru): Grasindo.

Harmoko. 2005. Cara Membaca Kecerdasan Emosi Anak. Jakarta :Rajawali Pers.

Howes & Herald. 2009. Emosi Anak. Yogyakarta: Ombak.

Nasional, D. P. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Jakarta: Depdiknas.

No, U.-U. tahun 2003 tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.

Pendidikan, T. P. B. P. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UPP UNY.

Nana, Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia. Jakarta :Rajawali Pers.

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah. 2003. Hasil Belajar Siswa. Jakarta :Rajawali Pers.

Syaiful, Sagala. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Triyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Tu’u. 2004. Disiplin Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zainal. 2009. Ciri Siswa yang Disiplin. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Sari view : 50 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.