Perbandingan Model Pembelajaran ADVANCE ORGANIZER dengan NUMBER HEAD TOGETHER Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Fisika

Aslamiyah Rambe, Ainun Mardiyah Lubis, Juni Erwina

Sari


Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar Fisika siswa, kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan sehingga tidak jarang model yang diterapkan oleh guru tidak sesuai dengan materi pelajarannya. Kegiatan belajar mengajar selalu di dominasi oleh guru, sehingga guru lebih aktif dari pada siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar Fisika siswa melalui  model pembelajaran Advance Organizer dengan model pembelajaran Number Head Together di MAN SIABU.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Adapun tes yang digunakan adalah tes yang sudah divalidkan dan layak pakai. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, dengan taraf signifikan 5%.

Motivasi belajar Fisika siswa kelas ekperimen diperoleh sebesar 78,38% “Cukup”, sedangkan data motivasi belajar Fisika siswa kelas kontrol juga tidak jauh berbeda yaitu diperoleh sebesar 76,84% “Cukup”. Kemudian nilai rata-rata hasil belajar Fisika kelas eksperimen diperoleh sebesar 80,82, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Fisika kelas kontrol sebesar 78,88.

Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 0,915 sedangkan ttabel dengan dk = 66 pada taraf  deperoleh 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa thitung < ttabel. Dengan demikian maka Ha ditolak H0 diterima. Hal ini berarti hipotesis tidak diterima kebenarannya yaitu Tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan model pembelajaran Number Head Together di Kelas X MAN Siabu

Kata Kunci


Advance Organizer, Model pembelajaran, Motivasi Belajar Fisika, Number Head Together

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2005, Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Bahri dan Aswan Zain, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Dimiyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

____________________, 2008, Motivasi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

¬¬¬¬¬¬ , 2010, belajar pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Faturohman, Pupuh, dkk, 2011, Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung:

Hamalik, Oemar, 2004, ProsesBelajarMengajar,Jakarta:BumiAksara.

, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

_____________, 2011, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT Bumi Aksara.

, 2011, Proses Belajar mengajar, Bandung : Pustaka Setia

Hamdani, 2011, Strategi Belajr Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah B. Uno, 2010,Profesi Kependidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamzah dan Masri Kuadrat, 2009, Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran.

Jakarta : PT Bumi Aksara.

https://pingkrystal.blogspot.co.id/2016/12/review-model-pembelajaran-advance.html.

http://selametkamsompd.blogspot.co.id/2015/09/model-pembelajaran-advance-organizer.html.

http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.co.id/2012/08/numbered-head-together-nht.html

http://doubleddodewii.blogspot.co.id/2015/03/makalah-motivasi-belajar-dan.html

Ibrahim, 2000, Model Pembelajaran NHT, Bandung: Alfabeta.

Muhammad Nur, 2004, Model Pembelajaran, Bandung: Pustaka Setia.

Sagala, Syaiful, 2012,Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Santrock, 2007, Aspek-Aspek Motivasi Belajar: Jakarta, Rineka Cipta.

Sardirman, 2000, Aspek-Aspek Motivasi Belajar: Jakarta, Rineka Cipta.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya ,Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2006, Metoda Statistika, Bandung : Tarsito.

Suherman. 2008, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Suprijono, Agus, 2010, Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung:Remaja Rosda karya.

Tryana, 2008, Model Pembelajaran NHT, Bandung: Alfabeta.

Zimmerman, 2000, Motivasi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.280-285

Article Metrics

Sari view : 948 times
PDF - 450 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.