PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS KEWIRAUSAHAAN SISWA SMKN 1 PASAMAN, KABUPATEN PASAMAN BARAT

Yuliana Nelisma, wahidah fitriani, Aydha Fifi Sasmita, Vio Litia Khairiah

Sari


Penelitian ini bertujuan bahawa guru yang mempunyai tugas, tanggung  jawab,wewenang, dan hak secara penuh dalam proses pembelajaran seluruh mata pelajaran di kelas tertentu kemudian Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan sesuatu hal yang baru, cara-cara, model baru yang berguna bagi dirinya dan masyarakat, karena itu kreativitas siswa sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat berkreasi dengan orang dan dapat juga mewujudkan dirinya, sebagai perwujudan diri dari kewirausahaan juga merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk usaha. Untuk menciptakan sesuatu diperlukan suatu kreativitas dan jiwa inovator yang tinggi. Penelitian ini merupukan bentuk penelitian kualitatif, yaitu “suatu pendekatan penelitian yang diarahkan untuk memahami fenomena apa yang diamati oleh peneliti data dikumpulkan dari orang-orang yang terlibat dalam tingkah laku ilmiah. Untuk  memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini penulis menggunakan dua sumber data yaitu  data primer dan data sekunder.

Kata Kunci


Peran Guru, Kreativitas, Kewirausahaan siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussalam, A. 2005. Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka AlKautsar.

Afdal, A. 2015. Kolaboratif: Kerangka kerja konselor masa depan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2).

Arman Hakim, 2007. Entrepreneurship Membangun Spirit Teknopreneurship, Yogyakarta: Andi.

Basrowi, 2011. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor, Ghaliah, Indonesia.

Hasanah Arrahmil, 2018. Kreativitas Sisiswa Dan Upaya Guru Bimbing Dan Konselong/Konselor Dalam Pengembangannya. Jurnal Bimbingan dan Konseling 7(1)

Nana Sudjana, 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Pelajar, Cet. II, Bandung: Sinar Baru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.

Peraturan Bersama Mentri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Depdiknas.

Suharsimi Arikunto, Pengelolaan Kelas dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Rajawali

Wahyuni, F. (2013). Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik mind mapping untuk mengembangkan kreativitas siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.223-228

Article Metrics

Sari view : 180 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.