EFEKTIVITAS BUKU POP-UP KARIER UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIER SISWA SEKOLAH DASAR

Elia Firda Mufidah

Sari


Layanan bimbingan karier di Sekolah Dasar menekankan pada tahapan kesadaran karier. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas BUKARIER untuk meningkatkan kesadaran karier siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pra eksperimen pretes-post test one group design. Sampel penelitian berjumlah 8 siswa. Hasil penelitian diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,027 dimana skor ini kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa media BUKARIER dapat meningkatkan kesadaran karier siswa. 


Kata Kunci


Bimbingan Karier; Kesadaran Karier; BUKARIER

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhiputra, A. A. N. 2013. Bimbingan dan Konseling Aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bodrova, E., Germeroth, C., Leong, D, J. 2013. Play and Self-Regulation Lessons from Vygotsky. American Journal of Play, 6 (1) 111–123

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

De Lucia & Waack, Janice L. (2006). Leading Psychoeducational Gruops For Children and Adolescents. United States Of America : Sage Publikations, Inc.

Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Koseling dalam Jalur Pendidikan Formal.

Dimakakou, D, S., Mylonas, K., Argyropoulou, K., & Drosos, Nikos. 2013. Career Decision-Making Characteristic of Primary Education Student in Greece. Journal of International Education Studies, 6 (5) 22-32

Hadi, S. 2010. Penerapan Teknik Team Games Tournament Dalam Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kesadaran Karier Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar. Tesistidak diterbitkan: UM

Hartung, P, J., Porfeli, E, J., Vondracek, F, W. 2005. Child Vocational Development: A review and Reconsideration. Journal of Vocational Behavior, 66 (3) 385-419

Herr, C., & Niles. 2004. Career Guidance and Counseling through the Life Span. Boston, MA: Pearson Education Inc.

Hitipieuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang: Universitas Negeri Malang

Ibrahim, R., Wambiya, P., Aloka, P., Raburu, P. 2014. The Status of Career Awareness among Selected Kenyan Public Secondary School Students. Journal of Educational and Social Research. 4 (6) 301-312

Loan, D., T., B & Van, N., T. 2015. Career Guidance in Secondary Schools – A Literature Review and Strategic Solution for Vietnamese Rural Areas. American International Journal of Science, 4 (5) 135-143

Lutfianah & Wiyono, B., D. 2017. Pengembangan Media Permainan Jenga untuk Pemerian Layanan Informasi Karier Bagi Siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 07 (03)

Magnusun, C, S & Starr, M, F. 2000. Hown Early is Too Early to Begin Life Career Planning? The Importance of the Elementary School Years. Journal of Career Development, 27 (2) 89-101

McDaniels, C & Hummel D. 1984. Parents and Career Education. Journal of Career Education, 10 (4)

Pedersen, T., 2010. An Interpretative Phenomenological Analysis of Gestalt Therapist and Their Experience with Physical Touch in the Therapeutical Session. Dissertation: University of Derby

Perry, N., & VanZandt, Z. 2006. Exploring Future Options: A Career Development Curriculum for Middle School Students. G –Reference, Information and Interdisciplinary Subjects Series. USA: IDEA.

Purmintasari, Y, P dan Jaya, E. 2017. Penggunaan Media Ilustrasi Pop-Up Sejarah dalam Pembelajaran IPS Di SD Negeri Batusari. Khazanah Pendidikan, Jurnal Ilmiah Kependidikan. 10 (2)

Soekanto, S. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.158-166

Article Metrics

Sari view : 618 times
PDF - 404 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.