KONSELING LOGOTERAPI SEBAGAI SOLUSI DALAM MENANGANI MASALAH PSIKOLOGIS REMAJA PUTUS SEKOLAH

Muhammad Fikri Haekal

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkap bagaimana konseling logoterapi bisa menyelesaikan masalah psikologis remaja putus sekolah. Sama halnya dengan pendekatan konseling yang lain dalam mengungkap, menganalisis dan membina masalah klien, namun logoterapi lebih menekankan untuk mengarahkan klien dalam mencari dan menemukan hikmah dari masalah yang dialaminya sejak tahap awal konseling. Metode penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yang memperoleh data dari buku, jurnal, dokumen, majalah, dan lain sebagainya. Temuan penelitian ini berupa konseling logoterapi dapat membantu remaja putus sekolah dalam menyadari potensi dan sumber daya spiritual yang selama ini terhambat dalam diri mereka yang kemudian keduanya akan mereka manfaatkan untuk menghadapi berbagai macam masalah. Konseling logoterapi juga mengajarkan mereka untuk melihat nilai positif dari penderitaan yang kemudian mengubahnya menjadi sebuah prestasi melalui sikap yang mereka ambil.


Kata Kunci


logoterapi, remaja, putus sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albanjari, Erhan Syah. 2018. “Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Transisi.” Tadrib 4(2):246–59. doi: 10.19109/tadrib.v4i2.2450.

B. Hurlock, Elizabeth. n.d. Psikologi Perkembangan. 5th ed. Jakarta: Erlangga.

Hayati, Sri Ayatina, and Aminah Aminah. 2020. “Konseling Logoterapi Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Pada Anak Broken Home.” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 6(1):1–6. doi: 10.31602/jmbkan.v6i1.2498.

Huruswati, Indah. 2017. “Panti Sosial Bina Remaja Naibonat: Tantangan Pendidikan Masa Depan.” Sosio Konsepsia 17(3):336–56. doi: 10.33007/ska.v17i3.835.

Jayanti, Nurani. 2019. “Konseling Logoterapi Dalam Penetapan Tujuan Hidup Remaja Broken Home.” KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 6(1):75–82. doi: 10.24042/kons.v6i1.4203.

Ketut Sri Diniari, Ni. 2017. “Logoterapi Sebuah Pendekatan Untuk Hidup Bermakna.” RSUP Sanglah Denpasar.

Pasmawati, Hermi. 2015. “Pendekatan Logoteraphy Dalam Konseling.” Jurnal Ilmiah Syi’ar 15(1):53–64.

Riyadiningsih, Hening, and Ratna Puji Astuti. 2013. “Kondisi Psikologis Anak Putus Sekolah.” Sustainable Competitive Advantage (SCA) 3(1).

Tamba, Elita Metica, Hetty Krisnani, and Arie Surya Gutama. 2015. “Pelayanan Sosial Bagi Remaja Putus Sekolah.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2(2). doi: 10.24198/jppm.v2i2.13529.

Trisnawati, Junia-, Fathra Annis Nauli, and Agrina -. 2014. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Agresif Remaja di Smk Negeri 2 Pekanbaru.” Journal:eArticle, Riau University.

Wahyuni, Sri. 2018. “Konseling Logoterapi Sufistik Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Pada Remaja Terlantar Putus Sekolah Di Upt Pelayanan Sosial Bina Remaja Blitar.” Retrieved December 23, 2019 (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/9809/).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.19-30

Article Metrics

Sari view : 2233 times
PDF - 2458 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.