KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

Menrisal Menrisal Menrisal, Alfia Hasna, Rini Sefriani

Sari


Penelitian inibertujuan untuk mengetahuikecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI SMA Negeri 4 Pariaman memilikihubunganyang positifdan signifikan.Jenispenelitianiniadalahkuantitatifdenganmenggunakanmetodepenelitian korelasional.Instrumenyang digunakan dalammengumpulkan dataadalah kuesioner modelskalaLikert.Analisadatadilakukandenganmenggunakan programpada komputer yakniMs.Excel2007.Adapunpopulasidaripenelitian XI SMA Negeri 4 Pariaman sebanyak 269 orang dengan sampel 161 orang. Berdasarkan hasil penelitian,diperoleh koefisien kecerdasan emosional dan kepercayaan diriterhadap hasil belajarTIK sebesar16,8%.Dariujianalisis data didapatkanbahwadata normaldanlinier.Hasilpengujianpada taraf signifikansiα0,05(tarafkepercayaan90%)didapatkannilaiFhitung=17danFtabel =1,30sehinggadiperolehFhitung>Ftabel (17 >1,30).Dengandemikianhipotesis ketigaditerima,yangberartibahwaterdapatkontribusiyangyangpositifdan signifikankecerdasan emosional dankepercayaan diri terhadap hasil belajarTIK siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Pariaman.

KataKunci:kecerdasan emosional,kepercayaan diri, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.