PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GASING (GAMPANG ASYIK MENYENANGKAN) BERBANTUKAN ANIMASI TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPA

Estuhono Estuhono Estuhono

Sari


Pencapaian kompetensi mata kuliah pendidikan IPA menunjukkan hasil yang belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang efektifnya strategi pembelajaran serta minimnya penggunaan media yang digunakan dosen dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran mata kuliah pendidikan IPA harus dilaksanakan dalam suasana belajar yang menyenangkan agar dapat memotivasi dan mendorong keaktifan belajar mahasiswa sehingga
pencapaian kompetensi dapat ditingkatkan. Strategi pembelajaran Gasing merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dipandang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Gasing berbantukan animasi terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa pada mata kuliah pendidikan IPA di Program Studi PGSD Universitas Dharmas Indonesia pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Dharmas Indonesia yang mengambil mata kuliah Pendidikan IPA. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis hasil belajar untuk ranah pengetahuan, pengamatan/observasi untuk ranah sikap, pengamatan kerja kelompok, dan tes unjuk kerja untuk ranah keterampilan. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi ” terdapat pengaruh yang berarti penerapan strategi pembelajaran Gasing berbantukan animasi terhadap pencapaian
kompetensi mahasiswa pada mata kuliah pendidikan IPA prodi PGSD Universitas Dharmas Indonesia pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan secara kuantitatif” dapat diterima pada taraf nyata 0,05.Dengan demikian, strategi pembelajaran Gasing berbantukan animasi dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Kata Kuci: Strategi, Gasing, Hasil Belajar, Pembelajaran Terpadu


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Total Pengunjung