PERBEDAAN MOTIVASI SISWA MEGIKUTI BELAJAR TAMBAHAN DI SEKOLAH ANTARA SISWA LAIK-LAKI DAN PEREMPUAN SERTA IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Ananda Maha Putri, Linda Fitria

Sari


Abstract
Berbagai program kegiatan yang dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan diantaranya adalah belajar tambahan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Sukses atau tidaknya program tersebut ditentukan oleh banyak hal
salah satunya adalah motivasi siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1)
motivasi siswa mengikuti belajar tambahan ditinjau dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan; (2)
perbedaan motivasi siswa mengikuti belajar tambahan antara siswa laki-laki dan perempuan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif.
Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang yang berjumlah 192 orang dan sampel
sebanyak 130 orang yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan
adalah angket dan teknik analisis data dengan teknik statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) motivasi siswa laki-laki mengikuti
belajar tambahan berada pada kategori sedang, dan motivasi siswa perempuan berada pada kategori
tinggi; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi siswa laki-laki dan perempuan, dimana
siswa perempuan memiliki motivasi lebih tinggi dari pada siswa laki-laki (signifikansi 0,000).
Disaran kepada berbagai pihak yang terkait dengan pendidikan, agar memberikan motivasi dan
menyediakan sarana untuk siswa dalam mendalami materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa
lebih maksimal.
Kata Kunci: Motivasi, Belajar Tambahan, Siswa Laki-laki dan Perempuan

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Total Pengunjung