KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SEBAGAI SOLUSI PENGENTASAN KONFLIK HUBUNGAN ORANGTUA DENGAN REMAJA DI SMK N 2 PADANGSIDIMPUAN

Erlina Harahap, vitria Larseman Dela, Feni Yolanda

Sari


Komunikasi merupakan hal yang sangat penting salah satunya adalah mengkomunikasikan konflik dengan orangtua, ketakutan anak mengkomunikasikannya dengan orangtua takut dicap melawan orangtua menjadikan konflik mendalam karena hal ini berkaitan dengan perasaan. Semakin baik komunikasi keluarga, semakin jarang remaja melakukan kenakalan. Remaja yang sering memiliki konflik tak terselesaikan dengan orang tuanya berada pada resiko yang tinggi untuk melakukan kenakalan. Adanya konflik di dalam keluarga membuat remaja kehilangan pengalaman personalnya yang penuh cinta dan adanya tempat bernaung. Konflik terjadi ketika kedua belah pihak mengalami ketidaksepakatan mengenai suatu hal. Ketika komunikasi dan solusi konflik dilihat sebagai sebuah masalah, maka kita harus merujuk pada adanya masalah di dalam hubungan antar pribadinya. Kemampuan untuk menyelesaikan konflik dan menemukan solusi sangat penting bagi semua tahapan perkembangan manusia khususnya perkembangan remaja karena dapat mengarah pada hubungan yang produktif dan harmonis

Kata Kunci


Komunikasi Antar Pribadi, Konflik, Orangtua, Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atabik, Ahmad (2013).Konseling Keluarga Islami. (Solusi Problematika Kehidupan Berkeluarga). Jurnal Bimbingan Konseling Islam.

Hurlock, Elizabeth B. (1999). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Martinis Yamin. (2010). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Muri Yusuf. (1997). Dasar Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sri Lestari. (2012). Psikologi Keluarga (Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga). Jakarta: Penerbit Kencana.

Syarqawi, Ahmad (2017). Konseling Keluarga, Sebagai Dinamika Dalam Menjalani Kehidupan Keluarga dan Upaya Penyelesaian Masalah. Jurnal Al-Irsyad Vol VII,No 2 Juli-Desember 2017.

Utami, Wahyu (2013). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Jejaring Sosial (Studi Analisis Isi Tanggapan Terhadap Status Keluhan Dalam Group Facebook “Peduli Leukimia”. Skripsi, dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2020.v5i2.211-217

Article Metrics

Sari view : 541 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.