PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA

Sukatno Sukatno

Sari


penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMK Negeri 1 Batang Angkola.

Gadget adalah sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi. Gadget membawa dampak yang baik bagi proses pendidikan didalam pembelajaran, akan tetapi sangat penting untuk mengontrol dan membatasi penggunaan gadget supaya lebih bermanfaat dan tidak menyimpang dari sarana yang telah ada. Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang timbul di dalam diri seseorang untuk belajar. Bimbingan kelompok adalah salah satu layanan bimbingan dan konseling yang merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada individu dalam suasana kelompok untuk memperoleh pamahaman baru serta mengembangkan potensi individu secara optimal.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian true eksperimental design rancangan pretest-postest control group design. Sampel kelas eksperimen yaitu kelas X TKJ I sebanyak 10 siswa diantaranya 3 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan dengan perlakuan layanan bimbingan kelompok.

Berdasarkan hasil analisis uji wilcoxo0n signed rank test yang dilakukan peneliti, diperoleh hasil Z sebesar 0,045 < 0,05 artinya Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa. Hasil temuan pada kelompok eksperimen terdapat penurunan pengaruh penggunaan gadget yang signifikan antara hasil pretest dan posttest eksperimen. Rata-rata pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 42 % (pretest eksperiment) dan 70 % (posttest eksperiment) ini terlihat perbedaan yang sangat signifikan.

Hasil pengolahan data, menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMK Negeri 1 Batang Angkola, yang terdapat adanya pengaruh dapat di minimalisirkan

Kata Kunci


Gadget, Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Fadila. 2011. Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (hp) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan (Skripsi)

Ahmad Siddik. 2016. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2014-2015 (Skripsi)

A.muri Yusuf. 2013. Metode Penelitian. Padang: UNP Press

Astin Nikmah.2014.Dampak Penggunaan Hand phone Terhadap Prestasi Siswa (E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 5)

Bambang Prasetyo dan Lima Miftahhul Jannah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Beauty Manumpil, Yudi Ismanto, Franly Onibala. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado (ejoural Keperawatan (e-Kep) Volume 3. Nomor 2. April)

Herman Wasito. 2001. Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung:PT. Remaja Rosda Karya

Nurudin. 2005. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers

Prayitno, Erman Amti. 2009.Dasar-DasarBimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP Press

Rima Rahmawati. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016 (Skripsi)

Sudarwan Denim. 2007. Metode Penelitian Untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sumadi Suryabrata. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Wahyu Novitasari, Nurul Khotimah. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun (Jurnal PAUD Teratai.Volume 05 Nomor 03)

Wiratna S. 2015. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2020.v5i2.167-171

Article Metrics

Sari view : 6549 times
PDF - 1668 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.