GAMBARAN KESULITAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 6 SEMARANG

Yuni Agustin

Sari


Permasalahan pada penelitian ini yaitu terdapat peserta didik mengalami kesulitan belajar pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu memahami gambaran dari kesulitan belajar peserta didik kelas X SMA N 6 Semarang. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel 208 peserta didik kelas X  dengan teknik penghimpunan sampel yaitu menggunakan teknik simple random sampling . Hasil penelitian ini yaitu terdapat kesulitan belajar dengan kategori rendah terdapat  114 peserta didik dengan presentase 54,8%, peserta didik dengan kategori sedang terdapat 94 peserta didik dengan presentase 45,2%.  


Kata Kunci


Kesulitan Belajar, Sekolah Menengah Atas, Peserta Didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amaliyah, M.; Nyoman, S., & Kompyang, S. (2021). “Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran SAINS. 4(1).

Dewi, N.; K, Zainuddin, U & Ariantje, D. (2020). “Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII”. Jurnal PRIMATIKA. 9 (2).

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Subini, N. (2016). Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Jogyakarta: Javalitera.

Syahrizal, H & Jailani, M. S. (2023) “Jenis-jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora. 1 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.270-275

Article Metrics

Sari view : 343 times
PDF - 309 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.