PENERAPAN STRATEGI KONSELING ELEKTIK DALAM MONITORING PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT

Isa Anshori, Wildah Nurul Islami, Muhammad Nikmal Anas Alhadi

Sari


Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) ditetapkan bahwa Kelulusan Tepat Waktu (KTW) sebesar atau sama dengan 40%, dan Persentase Keberhasilan Studi (BS) sebesar atau sama dengan 70%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi konseling elektik dalam monitoring penyelesaian tugas akhir mahasiswa prodi Aqidah dan Filsafat Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan Data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification). Berdasarkan hasil konseling eklektik model Skilled-Helper melalui kegiatan workshop bersama konselor dan para coach, didapati bahwa problem utama yang dihadapi mahasiswa adalah “rasa malas” (44%). Kedua, manajemen waktu (26%). Ketiga, pengaruh lingkungan (12%). Keempat, mood yang berubah-ubah (8%). Kelima dan Keenam, rasa pesimis/kurang yakin dan biaya (4%).  Ketujuh, alat/ laptop rusak (2%). Selanjutnya untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pendekatan coaching model Intention, Goal, Reality, Will (IGROW) melalui lima tahapan, diantaranya: 1. Coach menawarkan kesepakatan topik pembicaraan (intention), 2. Coach menentukan hasil dari suatu proses coaching (Goal), 3. Coach mendalami hasil tersebut (reality), 4. Coach mencari beberapa alternatif solusi (Option), 5. Coach mengakhiri dengan komitmen tindak lanjut (Will). Hasilnya tersdapat 47 mahasiswa (55,2%) yang berhasil lulus tepat waktu (KTW)


Kata Kunci


Coaching; Kelulusan Tepat Waktu (KTW); Konseling Elektik; Monitoring.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, Yulianti Dwi. 2016. Konseling Eklektik dengan Kerangka Kerja Skilled Helper Model. Psikologika, 21(2).

Azizy, A. Qodri. 2004. Hukum Nasional: Eklektisisme Hukum Islam dan Hukum Umum. Jakarta: Teraju.

Brammer, Lawrence M. 1993. A Therapeutic Counseling and Psychotherapy.

Carkhuff. 2009 The Art of Helping. Amherst: Possibilities Publishing.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, Singgih D. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Libri.

Hayati, Usfuriatul Alvi. 2020. Penggunaan Pendekatan Konseling Eklekt,ik untuk Membantu Mengatasi Masalah Peserta Didik yang Terisolir di Kelas XI Jasa Boga 1 SMK Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.

https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/knowledge/mengenal-beberapa-teknik-coaching-d4f5f8af/detail/

Konseling Eklektik: Definisi, Tujuan, Tahapan, Kelebihan dan Kelemahan Pendekatan Konseling Eklektik,” https://www.initentangpsikologi.com/2020/01/pendekatan-konseling-eklektik.html.

Jenkins, P. 2000. Gerard Egan’s Skilled Helper model‟ in S. Palmer and R. Woolfe (eds), Intergrative and Eclectic Counselling and Psychotherapy. London: Sage.

Kusmayadi, Dedi. 2022. Model Konseling Eklektik Dalam Pendidikan Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Institut PTIQ Jakarta.

Tim Kurikulum Prodi Aqidah Filsafat, 2022. Kurikulum Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka Prodi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. tidak diterbitkan, Tim Kurikulum AFI.

Mopangga, Aspin. 2021 Konsep Teknik Coaching Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Di Tk Negeri Pembina Tabongo Kabupaten Gorontalo. Seminar Nasional PAUD Holistik Intergratif Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Mulyo. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muzakki, Akh., dkk. 2022 Panduan Pemantauan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana, Magister, Doktor dan Pendidikan Profesi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nadzirah, Nuning. 2017. Konseling Integratif dalam Menangani Gangguan Konsentrasi Belajar Pada Anak ADHD (Studi Kasus Anak ADHD di Lembaga Pengembangan Potensi Anak). Intelektual, 7(1).

Nasution, S. 2006. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Bandung: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R & D, cet. Ke-19. Bandung: Alfabeta.

Starr, Julie. 2008. Brilliantt Coaching: How to be a brilliant coach in your workplace. Great Britain: Henry Ling Ltd.

Tajiri, Hajir, 2015. Gagasan Pengembangan Metode Konseling Islami dalam Perspektif Integratif. Anida, 14(2).

Tambunan, Elistiani. 2017. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Konseling Eklektik dengan Menggunakan Media Superhero Pada Siswa Kelas VIII-6 Smp Negeri 5 Sibolga,” Jurnal Psikologi Konseling, 11(2).

Wahyudi, Tri. 2009. Problematika Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi. Skripsi, Univerversitas Negeri Yogyakarta.

Widiastuti, Titis. 2011. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII Mts At-Taqwa. Skripsi, Universitas PGRI Semarang.

Winkel, W. S. & M.M. Sri Hastuti. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i3.423-436

Article Metrics

Sari view : 136 times
PDF - 343 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.