PERENCANAAN KARIR MAHASISWA MELALUI KEANGGOTAAN DALAM UNIT KEGIATAN MAHASISWA PRAMUKA DI UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA
Sari
Perencanaan karir merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh setiap individu sebagai upaya mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Di lingkungan perguruan tinggi, tak sedikit mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam merencanakan karirnya. Hal itu disebabkan karena masih minimnya pemahaman tentang dunia kerja yang mana itu tidak disampaikan secara optimal saat mereka berada dibangku kuliah. Sehingga perguruan tinggi bukan hanya tempat untuk mendapatkan pendidikan formal, tetapi juga menjadi lingkungan yang mempengaruhi perkembangan holistik mahasiswa. Salah satu elemen penting dalam pengembangan mahasiswa adalah keterlibatan mereka dalam kegiatan di luar kelas, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM di lingkungan perguruan tinggi dianggap sebagai wadah yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri di luar kegiatan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak keanggotaan dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka terhadap perencanaan karier mahasiswa di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Partisipan penelitian terdiri dari mahasiswa aktif yang tergabung dalam UKM Pramuka, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanggotaan dalam UKM Pramuka memberikan kontribusi positif terhadap perencanaan karier mahasiswa. Mahasiswa yang terlibat dalam Pramuka cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang minat dan nilai-nilai pribadi mereka, mengembangkan keterampilan soft skill yang penting dalam dunia kerja, serta membentuk jaringan sosial yang luas. Selain itu, keanggotaan dalam Pramuka juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan dukungan mentorship yang berharga dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abidin, Z., Sadat, A., & Basir, M. A. (2022). Peran Unit Kegiatan Mahasiswa dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Mahasiswa di Universitas Muhamadiyah Buton. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 4(4), 256–260. https://doi.org/10.24036/jmiap.v4i4.493
Astin, A. W. (1993). What matters in college?: four critical years revisited. The Jossey-Bass higher and adult education series.
Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4466
Ayu, M. N. K., Widarnandana, I. G. D., & Retnoningtias, D. W. (2022). Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 341. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021
Blustein, D. (2006). The Psychology of Working: A New Perspective for Career Development, Counseling, and Public Policy. In The Psychology of Working (1st ed., p. 380). New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203935477
Kram, K. E. (1988). Mentoring at work: Developmental relationships in organizational life. University Press of America.
Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199–204. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.340
Malasari, F., & Rosmila, M. (2021). Profil Perencanaan Karir Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Mathlaúl Anwar. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.33541/jsvol2iss1pp1
Malik, L. R. (2015). Kematangan Karir Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda. Fenomena, 7(1), 111. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.271
Nindhita, V. (2023). Perspektif karir psikologi i/o dari sudut pandang mahasiswa. Jurnal Psikologi MANDALA, 7(1), 29–46.
Rahma, F., Yusuf, A. muri, & Afdal, A. (2021). Bimbingan Dan Konseling Karir Di Perguruan Tinggi. SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 133–139. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.52
Risma, Ma’mun, A., Berliana, & Nuryadi. (2021). Life Skill Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Galuh. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 6(April), 14–20. https://doi.org/10.17509/jtikor.v6i1.41905
Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Manazhim : Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 110–126. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1075
Sofantiyana, N. I. (2017). Pengembangan Kepribadian Konselor Melalui Kegiatan Kepramukaan di UKK Racana IAIN Surakarta. Academica, 1(2), 151–168.
Subhan, M., Hasgimianti, H., Sari, W. P., Abu Bakar, A. Y., & Amat, S. (2019). Kematangan Karir Mahasiswa Prodi Ekonomi Dalam Pemilihan Karir. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 2(2), 50–54. https://doi.org/10.24014/egcdj.v2i2.8261
Suharyanti, C., Murtini, W., & Susilowati, T. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek terhadap Pengembangan Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Sulaswari, M., Yaqin, M. N., & Hafidz, M. (2020). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Pemuda Melalui Wadah Pembinaan Dewan Kerja Pramuka Penegak Dan Pramuka Pandega Di Kwartir Cabang Kudus. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 109. https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8622
Super, D. E. (1957). The psychology of careers; an introduction to vocational development. Harper & Bros.
Suranto, S., & Rusdianti, F. (2018). Pengalaman Berorganisasi Dalam Membentuk Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 58–65.
Wati, D. A., Pranawa, S., & Rahman, A. (2020). Upaya Pengembangan Soft Skill Siswa Sma Melalui Pramuka. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 117–124. https://doi.org/10.21009/pip.342.6
Windika, N., Zulfikarijah, F., & Nurhasanah, S. (2022). Peran Internship Participant dalam Meningkatkan Perencanaan dan Pengembangan Karir Mahasiswa. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 3(3), 123–133. https://doi.org/10.47747/jbme.v3i3.761
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.299-311
Article Metrics
Sari view : 494 timesPDF - 381 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.