ANALISIS TERHADAP KESEJAHTERAAN AKADEMIK SISWA (KAS, STUDENT ACADEMIC WELLBEING) DALAM PUBLIKASI ILMIAH 2010-2023
Sari
Kesejahteraan akademik (academic wellbeing) dipandang sebagai faktor yang penting bagi sukses akademik para siswa. Oleh karena itu seringkali, peningkatan kinerja akademik siswa dilakukan dengan cara meningkatkan kesejahteraan akademik mereka. Hanya saja seringkali upaya meningkatkan kesejahteraan siswa tidak didasarkan pada temuan-temuan penelitian yang ada di lapangan. Oleh karena itu artikel ini ditujukan untuk mendiskusikan kesejahteraan akademik siswa (KAS) sebagaimana ditemukan dan dibahas dalam artikel-artikel ilmiah sepuluh tahun terakhir (2010-2023). Untuk maksud tersebut, artikel ini membahas tiga pertanyaan yaitu; (1) bagaimanakah kesejahteraan akademik didefinisikan; (2) faktor-faktor apa saja yang dipandang sebagai penentu kesejahteraan akademik; dan, (3) bagaimanakah memelihara kesejahteraan akademik. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti mengikuti kaidah literatur berupa tinjauan cakupan dan tematik (scoping and thematic review). Melalui proses berjenjang, artikel ini meninjau sepuluh buah karya ilmiah dalam bentuk artikel jurnal yang terbit antara tahun 2010 hingga 2023 yang dipublikasikan oleh para peneliti dari delapan negara. Dari tinjauan yang dilakukan diperoleh temuan sebagai berikut. Pertama kesejahteraan akademik didiskusikan sebagai, status psikologis siswa, baik positif maupu negatif terkait kehidupan akademik atau sekolah mereka. Kedua, paper-paper ini menunjukkan fakor internal (dalam diri siswa) dan eksternal berkontribusi pada kesejahteraan akademik siswa. Ketiga, paper-paper ini merekomendasikan strategi yang berfokus pada siswa dan strategi yang berfokus pada sekolah untuk memelihara dan meningkatkan kesejahteraan akademik siswa. Temuan-temuan ini diharapkan dapat membantu sekolah dan para pendidik yang betanggung jawab menjamin KAS mengembangkan konsep prososi KAS di sekolah.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anderson, D. L., & Graham, A. P. (2016). Improving student wellbeing: having a say at school. School effectiveness and school improvement, 27(3), 348-366.
Arksey, H., & O'Malley, L. (2005). Scoping studies: towards a methodological framework. International journal of social research methodology, 8(1), 19-32.
Arslan, G., Yıldırım, M., & Albertova, S. M. (2022). Development and initial validation of the Subjective Academic Wellbeing Measure: A new tool of youth wellbeing in school. Journal of Positive School Psychology, 6(1), 3-11.
Babosalam, S., Ghazanfari, A., & Ahmadi, R. (2022). Modeling Academic Engagement Based on Academic Identity with the Mediating Role of Academic Wellbeing of Students. Quarterly Journal of Child Mental Health, 9(3), 62-77.
Benigno, S. (2017). Counselor Perceptions: Let Us Do Our Job! Journal of Education and Learning, 6(4), 175-180.
Butler, H. (2017). Student wellbeing as educational practice: Learning from educators’ stories of experience. Australian Catholic University,
Franco, E., Ocete, C., & Hernández-Franco, V. (2021). Vocational Value Profiles of Students with Preferential Vocational Interest in Sport and Their Relationship with Personal and Academic Wellbeing. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(22), 11872.
Govorova, E., Benítez, I., & Muñiz, J. (2020). How schools affect student well-being: A cross-cultural approach in 35 OECD countries. Frontiers in psychology, 11, 431.
Khodapana, F., & Tamannaeifar, M. (2022). The mediating role of happiness and academic self-efficacy in the relationship between self-compassion and academic well-being in student. Journal of Psychological Science, 21(118), 2067-2089.
Klapp, T., Klapp, A., & Gustafsson, J.-E. (2023). Relations between students’ well-being and academic achievement: evidence from Swedish compulsory school. European Journal of Psychology of Education, 1-22.
Ling, X., Chen, J., Chow, D. H., Xu, W., & Li, Y. (2022). The “trade-off” of student well-being and academic achievement: A perspective of multidimensional student well-being. Frontiers in psychology, 13, 772653.
Mak, S., & Thomas, A. (2022). Steps for conducting a scoping review. Journal of Graduate Medical Education, 14(5), 565-567.
Mangestuti, R., Mulyadi, M., Wahyuni, E. N., Aziz, R., & Qudzy, S. Z. (2022). The Succesful of Student Well-Being Development Through Child-Friendly School Programs. International Journal of Elementary Education, 6(2), 315-324.
Powell, M. A., & Graham, A. (2017). Wellbeing in schools: Examining the policy–practice nexus. The Australian Educational Researcher, 44, 213-231.
Raji, I. A., & Owoduni, A. A. (2020). School social environment factors and academic wellbeing of junior secondary school students in Ibadan Rural Communities Ilorin Journal of Education, 40(1), 125-136.
Razmjoee, M. (2022). Classroom assessment adjustments, academic achievement, academic wellbeing: a mixed methods study of australian secondary school students with and without disabilities. Australian Catholic University,
Rodríguez, S., Regueiro, B., Piñeiro, I., Valle, A., Sánchez, B., Vieites, T., & Rodríguez-Llorente, C. (2020). Success in mathematics and academic wellbeing in primary-school students. Sustainability, 12(9), 3796.
Roffey, S. (2011). Developing positive relationships in schools. In Positive relationships: Evidence based practice across the world (pp. 145-162): Springer.
Shirmohammadi, Z., Eftekhar Saadi, Z., & Talebzadeh Shoushtari, M. (2021). The association between self-compassion and academic well-being with the mediating role of perceived academic stress and academic optimism in female students. International Journal of School Health, 8(2), 101-109.
Shirmohammadi, Z., Eftekhar Saadi, Z., & Talebzadeh Shoushtari, M. (2023). Mediating Role of Perceived Academic Stress in Relationships of Self-compassion and Self-regulation With Academic Well-being in Female Students. Iranian Journal of Health Sciences, 11(1), 29-36.
Thoybah, N., & Aulia, F. (2020). Determinan Kesejahteraan Siswa Di Indonesia (Sebuah Tinjauan Literatur). Jurnal Riset Psikologi, 2020(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.217-226
Article Metrics
Sari view : 487 timesPDF - 498 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.