TINGKAT EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 SEMARANG

Mohammad Subahtiyar, Dini Rakhmawati, Windaniati Windaniati

Sari


Efikasi diri merupakan aspek penting dari pengetahuan diri dalam kehidupan sehari-hari karena mempengaruhi individu dalam menentukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri pada siswa kelas XI SMKN 7 Semarang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 153 siswa kelas XI SMKN 7 Semarang yang dipilih dengan metode sensus pada tanggal 11-15 Desember 2023. Data dikumpulkan melalui Google Forms dan dianalisis menggunakan model statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efikasi diri yang tinggi, dengan skor rata-rata 2,63 untuk level; 2,58 untuk generality; dan 2,70 untuk strength. Meskipun ketiga indikator tersebut tergolong tinggi, indikator generality mendapatkan skor terendah dibandingkan dengan dua indikator lainnya. Disarankan agar mahasiswa mengeksplorasi minat dan bakat mereka dengan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan informal untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka, yang akan berguna di masa depan.

 


Kata Kunci


Efikasi Diri; Perserta Didik; Sekolah Menengah Kejuruan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alverina, P A T, and K D Ambarwati. 2020. “Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Burnout Pada Perawat Psikiatri Di Rumah Sakit Jiwa.” Jurnal Psikologi MANDALA 3(2).

Fatimah, Siti, Ardian Renata Manuardi, and Rini Meilani. 2021. “Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura.” Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal 4(1): 25–36.

Florina, Sri, and Laurence Zagoto. 2019. “Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP 2(2): 386 – 391.

Lianto, L. 2019. “Self-Efficacy: A Brief Literature Review.” Jurnal Manajemen Motivasi 15(2): 55–61.

Nursa, R A. 2021. “Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Bimbingan Dan Konseling Di SMAN 1 Tapan.” Journal of Islamic Education and Innovation 2(1): 70–78.

Permatasari, N, L Sutanto, and N S Ismail. 2021. “Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Kejenuhan Akademik: Studi Empiris Pembelajaran Daring Semasa COVID-19.” Jurnal Sosio Sains 7(1): 36–50.

Rahmi, Siti. 2021. Bimbingan Dan Konseling Pribadi Sosial. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Ruswadi, I, M Masliha, and E Supriatun. 2022. “Hubungan Efikasi Diri Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa D3 Keperawatan Menghadapi Ujian Akhir.” Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan,” 1(2): 32–43.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S F, and D Dahlia. 2020. “Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Prestasi Akademik Pada Siswa SMA Di Banda Aceh.” Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah 3(2): 80–100.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.11-16

Article Metrics

Sari view : 951 times
PDF - 459 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.