HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS X SMA N 5 SEMARANG

Ivan Aziz Abdillah, Suhendri Suhendri, Leni Iffah

Sari


Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) hendaknya menjadi pembelajar
mandiri. Berbagai pekerjaan akademik harus diselesaikan tepat waktu. Pekerjaan rumah
dapat menyebabkan penundaan dalam belajar. Itu semua tergantung pada kemampuan
siswa dalam mengendalikan diri terhadap penundaan dalam belajar. Penelitian ini
diharapkan dapat mengungkap hubungan antara kebijaksanaan dan keraguan ilmiah di
kelas X siswa SMA N 5 Semarang. Teknik koneksi kuantitatif adalah metodologi yang
digunakan. Jumlah penduduk dalam ulasan ini terdiri dari 432 siswa kelas SMA N 5
Semarang, dan contohnya adalah 68 pria dan 110 wanita berusia 14 hingga 17 tahun,
dengan usia rata-rata 16 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Averill Discretion Scale dan McCloskey Scholarly Delaying Scale. Investigasi data
yang digunakan adalah pemeriksaan hubungan kedua produk Pearson. Hasilnya
menunjukkan nilai koefisien -0,600 dan nilai kepentingan 0,000. Hasil ini menunjukkan
bahwa ada hubungan negatif yang dilacak antara kebijaksanaan dan penundaan ilmiah.
Semakin besar pengendalian diri yang dimiliki seorang siswa, semakin kecil
kemungkinannya untuk menunda-nunda dan sebaliknya. Memprovokasi dan
mengalihkan perhatian dari kegiatan yang bertentangan dengan tujuan dapat diatasi oleh
siswa yang memiliki pengendalian diri yang kuat.


Kata Kunci


Kontrol Diri, Prokrastinasi Akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


academic procrastination and reasons for academic procrastination in university students. Journal of Behavioural Sciences, 28(1).Ht tp://pu.edu.pk/images/journal/doap/

PDF-FILES/04_v28_1_18.pdf

Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2018). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa universitas muria kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(2), 65–71. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/ article/view/26/25

Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). Peran self- efficacy dan self-control terhadap prokrastinasi akademik pada siswa sma (studi pada siswa sma x tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 159–169. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.802

Duckworth, A. L., Taxer, J. L., Eskreis-winkler, L., Galla, B. M., & Gross, J. J. (2019). Self-control and academic achievement. Annual Review of Psychology, 70, 373–399. https://doi.org/https://doi.org/10.1146/annurev- psych-010418-103230

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Grunschel, C., Schwinger, M., Steinmayr, R., & Fries, S. (2016). Effects of using motivational regulation strategies on students ’ academic procrastination , academic performance , and well-being. Learning and Individual Differences, 49, 162–170. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.06.008

Hen, M., & Goroshit, M. (2020). The effects of decisional and academic procrastination on students’ feelings toward academic procrastination. Current Psychology, 39(2), 556–563. https://doi.org/10.1007/s12144-017-9777-3

Hidayah, R., Ridwan, A., & SP, Y. C. (2018). Analisa perbandingan manajemen waktu antara perencanaan dan pelaksaan. Jurmateks, 1(2), 281– 290. http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/1234 56789/16524/SKRIPSI

Husna, F., & Suprihatin, T. (2019). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa sma islam sultan agung 1 semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2, 1092–1099.

Ilyas, M., & Suryadi. (2017). Perilaku prokrastinasi akademik siswa di sma islam terpadu (it) boarding school abu bakar yogyakarta. Jurnal An- Nida’, 41(1), 71–82.

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 65–70. https://doi.org/10.29210/120182191

Isip, F. B. T. (2014). Encouraging the use of slovin’s formula in computing sizes in dms survei related projects. 1–5. https://www.academia.edu/8664340/P_O_S_I_T_I _O_N_P_A_P_E_R_- ISIP_Position_Paper_Encouraging_the_use_of_Slo vins_Formula_in_computing_sample_sizes_in_D MS_survey_related_projects?auto=download

Kim, S., Fernandez, S., & Terrier, L. (2017). Procrastination , personality traits , and academic performance : When active and passive procrastination tell a different story. Personality and Individual Differences (PAID), 108, 154–157. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.12.021

Lindner, C., Nagy, G., & Retelsdorf, J. (2015). The dimensionality of the brief self-control scale-an evaluation of unidimensional and multidimensional applications. In Personality and Individual Differences (Vol. 86). https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.07.006

Lindner, C., Nagy, G., & Retelsdorf, J. (2018). The need for self-control in achievement tests: Changes in students’ state self-control capacity and effort investment. Social Psychology of Education, 21(5), 1113–1131. https://doi.org/10.1007/s11218-018- 9455-9

McCloskey, J. D. (2011). Finally, my thesis on academic procrastination. Thesis, 1–84.

Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Journal of Psychology Perspective, 1(1), 29–34.

Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2017). Experience human development: menyelami perkembangan manusia (12th ed.). Salemba Humanika.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive- behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503–509. https://doi.org/10.1037//0022-0167.31.4.503

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta- analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-

Susanti, E., & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi unesa. Character, 02(3), 1–7.

Tresnawati, I. W., & Naqiyah, N. (2019). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas ix smp negeri 34 surabaya. Jurnal Pendidikan, 2(1), 25– 34.

Utaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012). Tipe kepribadian dan prokrastinasi akademik pada siswa sma ” x ” tangerang. Jurnal Psikologi Edukasi, 10(1), 48–57.

Widyastari, D., Atrizka, D., Ramadhani, B., & Damanik, D. S. (2020). Prokrastinasi akademik ditinjau dari kontrol diri pada siswa-siswi sma swasta ar-rahman medan. Jurnal Penelitian, Psikologi Dan Kesehatan, 1(2), 82–91.

Wijaya, H. E., & Tori, A. R. (2018). Exploring the role of self-Control on student procrastination. International Journal of Research in Counseling and Education, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.24036/003za0002

Zacks, S., & Hen, M. (2018). Academic interventions for academic procrastination: a review of the literature. Journal of Prevention and Intervention in the Community, 46(2), 117–130. https://doi.org/10.1080/10852352.2016.1198154




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.164-175

Article Metrics

Sari view : 791 times
PDF - 744 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.