HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

Ammar Yasir Siregar

Sari


Di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan khususnya Program Studi Bimbingan Konseling stres akademik pada beberapa mahasiswa, namun tingkat stress mahasiswa tentunya berbeda-beda sesuai dengan tingkat masalah yang dihadapi “kenapa demikian?” mungkin keyakinan (self efficacy) dalam menghadapi masalah berbeda-beda, mental seseorang pasti berbeda dengan orang lain,untuk itu penulis merasa tertarik untuk meneliti Hubungan Self-Efficacy dengan Stress Akademik Mahasiwa Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Cara menentukan populasi dengan dijadikan seluruh seluruh mahasiswa semester VIII Prodi. Bimbingan dan Konseling yang aktif pada Tahun Akademik 2023-2024 yaitu sebanyak 37 orang. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Yaitu seluruh populasi dalam penelitian ini menjadi sampel, dikurang 1 (satu) yaitu Penulis sendiri, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semester VIII berjumlah 37-1=36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh rhitung > rtabel  yaitu 0,498 > 0,329 pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara self-efficacy dengan stress akademik mahasiswa prodi, bimbingan dan konseling universitas muhammadiyah tapanuli selatan”


Kata Kunci


Self Efficacy, Stres Akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asih.Yasmin (1999). Penatalaksanaan Stres. Jakarta. EGC

Bandura, A. (2006). Guide for Constructing Self-Efficacy Scales. Dalam Self efficacy Beliefs of Adolesences. Information Age Publishing.

----------, A. (1997). Self Efficacy: the Exercise of Control. New York : Freeman. Bangun,

.

Journal of Research and Review, 10, 34-52. Retrieved September 17, 2015, from http://www.academia.edu/7059868/College_SelfEfficacy_and_Academic_Satisf action_moderated_by_Academic_Stress

Kamus Besar Bahawa Indonesia (KBBI). kemdikbud.go.id

Mukhtar (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta : Referensi

Nobel (2011) dalam Susanti (2016) https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/4148

Novia Efrita, (2014) Tips-tips dahsyat kelola stres & emosi untuk hidup lebih bahagia, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya : Araska

Odgen, Jane. (2000). Health Psychology (2nd ed). Philadelphia : Open University Press.

Olejnik, S. N. & Holschuh, J. P. (2007). College rules! How to Study, Survive, and Succeed in College (2nd Edition). New York : Ten Speed Press.

Rahmawati, D. D., & Sri S. (2012). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik pada Siswa Kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMPN 1. Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara.

Rena (2019) American Institute Stress https://www.researchgate.net/publication/333870525_mekanisme_respon_stres_konseptualisasi_integrasi_islam_dan_barat.

Rice, P. L. (1992). Stress and Health (2nd edition). California : Brooks/Cole Publishing Company.

Riduwan (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru dan Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabetha.

R.J. Corsini dalam Wahyu (2019) The Dictionary of Psychology https://books.google.co.id/books/about/The_Dictionary_of_Psychology.html?id=0uxnglHzYaoC&redir_esc=y

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Remaja (Ed. sebelas). Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta. Jakarta : Erlangga.

Saifuddin Azwar (2017). Metode penelitian psikologi, e 2 Jakarta : Pustaka Pelajar.

Sarafino dalam Rahmawati, (2012). Health Psychology (5nd ed). New York : John Wiley and Sons.: https://www.universitaspsikologi.com/2020/01/teori-stres-akademik-menurut-para-ahli.html

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2009, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sukardi (2013), Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya Jakarta, Bumi Aksara.

Sri Kusmiati dan Desminiarti dalam Musradinur (2016) Mengenal Lebih Jauh Tentang Stres | kumparan.com

Syaodih, Nana Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.

Priyoto (2014). Konsep manajemen stress. Yogyakarta : Nuha Medika

Tristiadi Ardi Ardani (2013). Psikologi Positif Perspektif Kesehatan Mental Islam. Jakarta : Remaja Rosda Karya

Wade dan Tavris (2002) Psychologi, Bandung : Alfabetha

Yusuf. Syamsu (2004) Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta : Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.312-317

Article Metrics

Sari view : 575 times
PDF - 564 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.