HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA DI KELURAHAN SIMATORKIS SISOMA
Sari
Kata kecanduan sebagian besar di gunakan dalam kata klinis dan di haluskan dengan kata berlebihan, konsep kecanduan dapat di terapkan pada berbagai perilaku, seperti mengkonsumsi alkohol, heroin, tembakau, dan memainkan game secara berlebihan. pengertian dari game online ini jenis video game yang bisa dimainkan dengan perangkat yang terhubung dengan internet, Game online digunakan untuk sebagai hiburan yang menyenangkan, kegiatan bermain game, kini telah menjadi bagian dari rutinitas remaja dalam mengisi waktu luang mereka, namun terkadang para remaja lupa akan waktu yang telah mereka habiskan hanya untuk bermain game online hal ini dapat menyebabkan perilaku yang menunjukkan ketidak pedulian terhadap resiko negatif yang mungkin dihadapi oleh para remaja,
penelitian ini menggnakan metode korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen, populasi dalam penelitian ini yaitu remaja Kelurahan Simatorkis Sisoma dengan jumlah sampel sebanyak 32 remaja. yang di pilih berdasarkan pourposive Sampling. Variabel-variabel penelitian di ukur menggunakan skala adiksi game online sebanyak 50 butir jawaban dan skala penyesuaian diri sebanyak 50 butir jawaban.
hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara Adiksi Game Online dengan Penyesuaian diri pada remaja di kelurahan Simatorkis sisoma. Di peroleh dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif sangat signifikan antara adiksi game online dengan penyesuaian diri remaja di tunjukkan dengan nilai p= 0.432 (p<0.05).
berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan Bahwa terdapat hubungan antara variabel X terhadap variabel Y sangat signifikan antara adiksi game online dengan penyesuiain diri remaja. Hal ini menunjukkan bahwa semakin positif tingkat pencapaian adiksi game online, maka semakin tinggi tingkat pencapaina penyesuaian diri remaja
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfian, Pahlevi. 2018. Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Remaja di Malang. (thesis). Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Fakultas psikologi,
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung PT Remaja Rosdakarya
Fajri, Choirun. 2019. Perkembangan Teknologi Informasi, Jakarta, Universitas Indonesia.
Fauziah E, R. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Anak SMP Negeri 1 Samborja, Ejournal Ilmu Komunikasi
Hakiki, Choirul. 2019. Hubungan Kecanduan Game Mobile Legend Terhadap Interaksi Sosial pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Maliki Ibrahim Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Maliki Ibrahim Malang
Irfan Putra. 2022. Pengaruh Game online Tehadap Akhlak Remaja di Desa Muara Simpur Kecamatan Ulu Talo. Universitas Fatmawati Sukarno Bengkulu
Miss, Nor dkk. 2022. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berbasis Teknik Self Manegement Terhadap Penurunan Tingkat Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelasa XI Di SMK Negeri 1 Hutaraja Tinggi. Ristekdik Jurnal Bimbingan Konseling
Ningrum, PR. 2013. Perceraian Orang Tua dan Penyesuaian Diri Remaja Studi Pada Remaja Sekolah Menengah atas Kejuruan di kota Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, e-journals.unmul.ac.id
Putro, Khamin. 2017. Memahami ciri dan tugas perkembangan Masa Remaja. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Rahmadina A. 2013. Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Keterampilan Sosial Pada Remaja. Skripsi Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Royhan. 2018. Kontrubusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian diri
Salsabila, Safitri. 2020. Adiksi Game Online dan Ketrampilan Penyesuaian Sosial Pada Remaja, Empati,
Sukatno. 2022. Pengaruh Pengguna Gadget Terhadap Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Ristekdik Jurnal Bimbingan Konseling
Wahyuni, Sri. 2021. Pengaruh Permainan Game Online Terhadap Perilaku Menyimpang Moral Anak SD Inpres Buttatiang. Universitas Muhammadiyah Makassar
Wijayanti. 2013. Motif Adiksi Pemain Game Online: studi Deskriptif, Tentang Motif dan Adiksi Pemain Game Online Dragon Nest di Surabaya, Media Commoline, Surabaya Airlangga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik,
Windaniati. 2013. Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Teknik Cognitive Restructuring Pada Kelas X Tkr 1 Smk Negeri 7 Semarang. Jurnal pendidikan
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.318-325
Article Metrics
Sari view : 427 timesPDF - 360 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.