EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS CINEMA THERAPY DALAM MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS IX C MTS BUSTANUL ULUM PANTI TAHUN PELAJARAN 2023

Ela Fatimah, Fakhruddin Mutakin, Fakhruddin Mutakin, Arifin Nur Budiono, Arifin Nur Budiono

Sari


Resiliensi akademik adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa untuk mempertahankan akademik di sekolah. Siswa yang resilien mampu bertahan dan mampu bangkit dari segala keadaan yang sedang ia alami. Berdasarkan pada data yang didapatkan melalui observasi dan wawancara kepada guru BK dan juga beberapa guru bidang studi lain, maka di dapati terdapat kelas yang memiliki resiliensi akademik yang rendah. Penelitian tentang Efektivitas Bimbingan Klasikal Berbasis Cinema therapy Dalam Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Kelas IX C MTs Bustanul Ulum Panti Tahun Pelajaran 2023 dengan responden yang diteliti sebanyak 26 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling (dengan kriteria-kriteria tertentu), yaitu 1) Tercatat sebagai siswa kelas IX MTs Bustanul Ulum Panti tahun pelajaran 2023; dan 2) terindetifikasi sebagai kelas dengan siswa yang memiliki resiliensi akademik yang rendah berdasarkan pengukuran dengan skala resiliensi akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain pre-experimen (the one grup pre-test post test design). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner (angket) tentang resiliensi akademik. Analisis data menggunakan rumus uji t dengan bantuan SPSS. Hasil dari uji t dengan alat bantu SPSS menyatakan bahwa, perhitungan nilai dari one sided-p sebesar 0,001 dan two sided-p sebesar 0,002. Dengan hasil tersebut maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara pre test dan post test dengan menggunakan teknik cinema therapy untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa.


Kata Kunci


Bimbingan Klasikal, Teknik Cinema therapy, Resiliensi Akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arwendri, Dedet (2022) Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Perkelahian Massal (Tawuran) Di Kelas XI TKR SMK N 1 Bataputih. Skripsi. Sumatera Barat : IAIN Batusangkar.

Binus. (2018). Resiliensi Akademik. Retrieved https://library.binus.ac.id

Lestari, dkk. (2021) Pengaruh Biblio Konseling Dengan Teknik Cinematherapy Terhadap Peningkatan Resiliensi Diri Siswa Di SMPN 2 Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). Retrieved from https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5258

Masrokhah, Umi (2017) Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa (Studi Pra Eksperimen Pada Siswa/i Kelas VII SMP Taman Dewasa Jetis Yoygakarta, Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Mega, Alvionita Valentina. (2016) Resiliensi Siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro Tahun Ajaran 2015-2016 dan Implikasinya Terhadap Usalan Topik-Topik Bimbingan Pribadi-Sosial). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Mutiaramses, dkk. (2021). Peran Guru Dalam Pengolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Retrieved from https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050

Nashori, Fuad. (2021). Psikologi Resiliensi. Sleman : Universitas Sebelas Maret.

Rahmadani, Mella (2020). Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Cinema therapy Terhadap Peningkatan Kepecayaan Diri. Publikasi IAIN Batusangkar. Retrieved from https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/CgI6i1BsvXoDIQY8vbQySa58cOhO.pdf

Wantu, Tuti & Ade, A.M. (2017). Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Cinema Therapy Terhadap Etika Pergaulan Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Dipresentasikan di Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4-6 Agustus (Hal 273-281).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i2.290-298

Article Metrics

Sari view : 605 times
PDF - 495 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.