KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (Studi Deskriptif-Korelasional di SMA N 4 Padangsidimpuan)
Sari
Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor tersebut adalah motivasi belajar, baik secara internal maupun eksternal. Dalam hal ini berarti motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh dorongan dari dalam diri siswa dan luar diri siswa seperti keluarga. Orangtua perlu menciptakan keluarga yang harmonis yaitu keluarga sakinah, mawaddah, dan warrahmah yaitu adanya rasa mengasihi dan menyayangi serta rasa cinta di dalam keluarga sehingga tercipta kedamaian dan ketentraman di dalam keluarga. Kenyataannya sering terjadi masalah dalam keluarga seperti pertengkaran, orangtua kurang memperdulikan anak, bahkan memukul anak. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan keharmonisan keluarga siswa, mendeskripsikan motivasi belajar siswa, menguji hubungan antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa di SMA N 4 Padangsidimpuan serta implikasinya terhadap bimbingan dan konseling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional mendeskripsikan tentang hubungan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik statistik persentase dan melihat hubungan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa digunakan teknik pearson product moment correlation melalui program statistik SPSS for windows release 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) deskripsi keharmonisan keluarga siswa sebesar 75,69% berada pada kategori cukup(2) deskripsi motivasi belajar siswa sebesar 70,99% berada pada kategori cukup (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa SMA N 4 Padangsidimpuan dengan r hitung sebesar 0,648 pada taraf signifikansi 0,01. Implikasinya terhadap bimbingan dan konseling adalah perlunya mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah serta guru BK kreatif dan inovatif menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok secara teratur dan terprogram dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
Teks Lengkap:
PDFArticle Metrics
Sari view : 2636 timesPDF - 3307 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.