EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK WDEP (WANT, DIRECTION, EVALUATION, PLANNING) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK

Desi Milasari, Muhammad Asrori, Luhur Wicaksono

Sari


Tanggung jawab belajar adalah tindakan yang dilakukan individu untuk memenuhi kewajiban dalam belajarnya, seperti menyelesaikan tugas-tugas dalam belajar dengan melakukan usaha yang maksimal dan mau menerima segala akibatnya. Secara umum penelitian ini bertujuan mengumpulkan informasi obyektif tentang efektivitas kegiatan konseling kelompok menggunakan teknik WDEP dalam meningkatkan rasa tanggung jawab belajar peserta didik pada kelas VIII di SMP Negeri 9 Pontianak. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian merupakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dan menggunakan bentuk one-group pretest-posttest design. Metode untuk mengumpulkan adalah memakai angket dengan instrumen pengumpulan data Angket Tanggung Jawab Belajar. Jumlah sampel penelitian sebanyak enam orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan konseling kelompok menggunakan teknik WDEP efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak, dengan hasil analisis menggunakan Uji Paired Sample T-Test mendapatkan nilai t-test sebesar -12,464 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.


Kata Kunci


Teknik WDEP, Konseling Kelompok, Tanggung Jawab Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adibah, D., & Priyambodo, A. B. (2022). Penggunaan Konseling Realitas Berbasis Teknik WDEP untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, pp. 29-43).

Aghnia, M. H., (2022). Belajar dan Pembelajaran. Online at ResearchGate website: https://www.researchgate.net/ publication/ 360218147_Belajar_dan_ Pembelajaran, accessed 11 September 2022

Astuti, I. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Konseling Kelompok dengan Pendekatan Konstruktivistik. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 1-9.

Corey, Gerald. (2016). Theory & Practice of Group Counseling (ninth edition). United States: Cengage Learning

Elda, P. (2023). Pengaaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Instruction untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik MTSN 3 Lampung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation) UIN Raden Intan Lampung.

Fauzi, Taty. (2018). Pelayanan Konseling Kelompok. Jakarta: Tira Smart

Jacobs, E. E., et al., (2015). Group counseling: Strategies and skills. Cengage Learning.

Monica, M. A., & Gani, R. A. (2016). Efektivitas layanan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk mengembangkan tanggung jawab belajar pada peserta didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 119-132.

Ning, H. K., & Downing, K. (2012). Influence of student learning experience on academic performance: The mediator and moderator effects of self-regulation and motivation. British Educational Research Journal, 38(2), 219-237.

Nurfitasari, N.; Wibowo, M. E., & Sugiharto, D. Y. P, (2014) Implementasi Layanan Konseling Kelompok di SMPN Sekabupaten Pati. Indonesian Journal of Guidance and Counseling:Theory and Application, 3(1).

Nurihsan, Achmad Juntika. (2017). Strategi Bimbingan & Konseling Edisi Revisi. Bandung: Refika Aditama.

Qiu-Qiang, Z.; Wen-Jun, L.; Wan-Yi, F.; & Qi-Zhe, Z. (2021). College Students’ Self-Acceptance: A Paint Therapy Group Counseling Intervention. Scientific Programming, 2021.

Rasimin, & Muhamad Hamdi. (2018). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, Singgih. (2019). Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: Kompas Gramedia.

Sapitri, Sulistiyana, & Muhammad, A. S., (2021). Konseling Realitas untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Rendah pada Siswa SMP Negeri 25 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 4(3).

Sisilawati, S.; Astuti, I., & Wicaksono, L. (2018) Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Smp Negeri 20 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(12).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syafitri, R. (2017). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi giving questions and getting answers pada Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).

Wiyono, B. D., & Widiyanti, S. D., (2022) Efektivitas Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Jurnal BK UNESA (Vol. 12, No. 4).

Wubbolding, R. E. (2017). Reality Therapy and Self-Evaluation: The Key to Client Change. United States of America: American Counseling Association.

Yulita, A.; Ema S., & Kamaruzzaman (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah. BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling , 1 (2), 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.524-533

Article Metrics

Sari view : 564 times
PDF - 454 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.