HUBUNGAN ANTARA SELF CONCEPT DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA SISWA

Della Andriani, Linda Fitria, Indra Wijaya

Sari


Masa SMK adalah masa dimana seorang remaja mencari jati diri, seperti belajar di sekolah. Seorang siswa memerlukan kemampuan komunikasi yang baik untuk mengungkapkan pendapat, mengajukan pertanyaan serta jawaban untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. Berbicara di depan umum merupakan sarana yang penting dalam menyampaikan pesan, informasi dan gagasan yang dimiliki setiap siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Self Concept dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat korelasional dengan jumlah populasi 537 responden, dan sampel diambil dengan menggunakan metode proposional random sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah 229 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disusun menurut model Skala Likert. Tipe data dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari SMK Negeri 6 Padang. Alat analisis yang digunakan adalah microsoft excel 2010 dan SPSS versi 24. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dengan hasil hitungan hipotesis maka nilai  yaitu sebesar 0,253 sedangkan nilai  yaitu 0,129 karena nilai  lebih besar dari nilai (0,253 > 0,129) maka dapat ditarik kesimpulan yang sekaligus merupakan jawaban dari tujuan penelitian yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self concept dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Padang.

 


Kata Kunci


Konsep Diri; Kecemasan Berbiacara di Depan umum

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitria, L. (2016). Hubungan antara pengasuhan orangtua dengan penyesuaian diri siswa terhadap peraturan sekolah. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Nofembri, A., Fitria, L., & Radyuli, P. (2021). Hubungan Self Disclosure dengan Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat di Depan Kelas. JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI) FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA INDONESIA" YPTK" PADANG, 64-70.

Rahman, F. F., & Fitria, L. (2022). Hubungan Self Concept Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI Program Studi Keperawatan Dan Farmasi SMKS 2 Kosgoro Payakumbuh. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(6), 681-685.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rika Wati, M. (2015). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecemasaan saat Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Safitri, H., & Wahyuni, H. (2022). Korelasi Antara Self Concept dengan Public Speaking pada Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(1), 46-51.

Salsabila, A. A. F. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Di Kota Makassar.

Saputri, V. F., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara konsep diri dan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas xi sma negeri 3 sukoharjo. Jurnal Empati, 6(1), 425-430.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.508-512

Article Metrics

Sari view : 314 times
PDF - 180 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.