PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 7 PADANGSIDEMPUAN

Murni Anti Lubis, Sukatno Sukatno, Nurhasanah Pardede

Sari


Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik, kepribadian,social dan professional guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di SMA N 7 padangsidempuan. Tujuan penelitian Untuk mengetahui pandangan atau persepsi siswa mengenai guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 7 Padangsidempuan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang di tujukan untuk mendeksripsikan dan menganalisi fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepi, pemikiran orang seacara individual maupun kelompok.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan di SMA Negeri 7 Padangsidempuan bahwa guru BK sangat dibutuhkan disekolah karena bisa membantu siswa yang bermasalah. Dan banyak pandangan yang positif yang telah di berikan oleh siswa untuk guru BK seperti mereka telah menganggap bahwa guru BK dapat membantu siswa untuk mengatasi masalahnya. Dan dengan adanya guru BK mereka semakin bertambahnya wawasan mereka dan juga pengetahuan mereka mengenal hal-hal yang baru dan informasi yang baru. Sebab itu siswa harus di berikan pemahaman yang berkaitan dengan Bimbingan Konseling agar pola pikir siswa terbentuk dengan baik, agar siswa berpersepsi yang baik terhadap guru BK. Dan guru BK bisa menjadi contoh untuk siswanya.Guru Bimbingan Konseling disekolah ini baik, ramah, memberikan motivasi kepada siswa, suka bercanda kepada siswa akan tetapi siswa sebagian menganggap guru BK itu merupakan polisi sekolah yang setiap siswa bermasalah guru BK yang akan mengatasinya.

Kata Kunci


Persepsi siswa, kompetensi guru bimbingan konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, S., &Nurhadi, A. (2020).Urgensi analisis kebutuhan diklat dalam meningkatkan kompetensi guru PAI dan budi pekerti. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 83-100.

Asmaryadi, A., Siregar, P. D., &Sukatno, S. (2023). STRATEGI KONSELING DALAM MENGUBAH PERILAKU ANAK NAKAL PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 100109 PANOBASAN LOMBANG. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 305-312.

Asmita, W., & Fitriani, W. (2022). Analisis Konsep Dasar Assesmen Bimbingan Dan Konseling Dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 129-134.

Asnia, A. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan Konseling Di SMA Negeri 1 Sarudu Kecamatan Sarudu Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Ciptiasrini, U., &Astarie, A. D. (2020).Persepsi dan Peran Orang Tua Terhadap Pemberian Pendidikan Seksual pada Anak. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 16(1), 19-26.

Eldrina, M. (2021).Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru BK Dan Implikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling Di SMP Negeri 1 PercutSei Tuan. PSIKOLOGI KONSELING, 17(2), 861-869.

Harahap, E., Asmaryadi, A., &Yuspita, I. (2023). MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI MASA NEW NORMAL. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 55-60.

Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134-144.

Matondang, A. M., &Sartika, N. (2018). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Pendekatan Teknik Bermain Peran Dalam Meningkatkan Komunikasi Naposo Nauli Bulung. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 41-58.

Moleong, L. J., &Edisi, P. R. R. B. (2004).Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Mustofa, A., Salim, A., &Hasanah, N. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BERITA ONLINE FACEBOOK SEBAGAI SUMBER INFORMASI BERITA (Di Desa Tirta Kencana, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi) (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Nazir, M. (1988).Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurrohman, U. L. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sarung Cap Gajah Duduk (Studi Pada Santriwan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Lirboyo) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Pardede, N. (2016). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Pardede, N., Harahap, E., Sukatno, S., Dalimunthe, U. D., &Arrasyd, H. (2022). DUKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 11 PADANGSIDEMPUAN. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 262-267.

Purnomo, A. R. (2016). ANALISI PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) DI SMP N 4 PRAMBANAN. Hanata Widya, 5(6).

Riyadi, S. A. (2015). Analisis Persepsi Nasabah terhadap Bai Murabahah (Doctoral dissertation, Universitas Binawan).

Sari, D. L., Rochanah, S., & Muhammad, A. (2017).MANAJEMEN PROGRAM STANDARI SASI DAN SERTIFIKASI KOMPETENSI DI BADAN PENGEMBANGAN SDM KEMENTERIAN DALAM NEGERI. Improvement: Jurnal Ilmiah untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 4(2), 223-237.

Setiawan, H., &Gularso, D. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS RAOS GETUN, SUMELANG, MERI, PAMBEGAN DI KELAS VI SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA (KAJIAN TERHADAP KONSEP DAN PEMIKIRAN KI AGENG SURYOMENTARAM). Jurnal PGSD Indonesia, 4(1), 13-13.

Susilowati, D. A. (2014).Kinerja Guru Bersertifikasi Ditinjau Dari Standar Kompetensi Guru Di Smk Negeri 1 Surakarta.

Purnomo, A. R. (2016). ANALISI PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) DI SMP N 4 PRAMBANAN. Hanata Widya, 5(6).

Widiyastuti, M., &Arikunto, S. (2015).Dinamika kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah efektif di SD Kanisius Kadirojo, Sengkan, Duwet. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 82-96.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i3.453-458

Article Metrics

Sari view : 933 times
PDF - 493 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.