TINGKAT PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN INFORMASI DI SMAN 14 SEMARANG

Yasin Yasin, Chr. Argo Widiharto, Mustianah Mustianah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat persepsi siswa terhadap layanan informasi yang diberikan oleh guru BK di SMA Negeri 14 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 73 siswa dari kelas X, XI, dan XII tahun ajaran 2022/2023. Data diperoleh melalui kuesioner yang mengandung pernyataan-pernyataan yang diadaptasi dari indikator layanan informasi dan dikonversi ke Google Form untuk diisi oleh siswa.. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60,27% siswa termasuk dalam kategori tinggi dan 10,96% siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi dalam hal persepsi terhadap layanan informasi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap layanan informasi yang diberikan oleh guru BK di SMA Negeri 14 Semarang cukup baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru BK untuk meningkatkan kualitas layanan informasi yang diberikan kepada siswa dan membantu siswa dalam mencapai potensi terbaik mereka.

Kata Kunci


Persepsi, siswa, layanan informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran Konselor Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa : Tinjauan Berdasarkan Persepsi Siswa. JURKAM : Jurnal Konseling Andi Matappa, 3 (1), 15–22.

Aminuddin, D., & Mulyadi, M. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Karir Dalam Meningkatkan Kemampuan Perencaanaan Karir Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 52–62.

Arisandi, D. (2018). Upaya Guru Mendisiplinkan Siswa Melalaui Layanan Informasi Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan.

Ericsson, H. (2023). PENERAPAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG BAHAYA MEROKOK . Jurnal Attending, 2(1), 21–28.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2 (2), 84–92.

Kamaruzzaman. (2016). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH ATAS . SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial , Volume 3 No. 2.

Lestari, D. (2020). HUBUNGAN PERSEPSI SISWA DENGAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PERGAULAN BEBAS DI SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI. Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam : Al-Mursyid, 2(2), 250–264.

Maharani, I. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM BERTEMA PENDIDIKAN DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA AL MUSLIM TAMBUN BEKASI. Faktor: Jurnal Ilmiah Pendidikan , 6(2), 135–146.

Mustika, T. (2020). Pemanfaatan Short Movie Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa KElas XI IPS 1 Di SMA Negeri 10 Kota Jambi. . (Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Prayitno. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Priyadi, M. F. (2017). EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018: Vol. Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG .

Rahayu, R., Rosita, R., & Rahayuningsih, Y. S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Reza Muttaqin, Wagimin, & Imam Tadjri. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP . Jurnal Bimbingan Konseling, 6 (2), 174–179.

Rohmawati, N. (2019). Kemandirian Siswa Dalam Merencanakan Karir Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir. Indonesian Journal Of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 67–73.

Sangalang, O. K., & Sangalang, M. (2017). Penerapan Permainan Bisik Berantai Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Dalam Belajar di Kelas X di SMAN 1 Kurun. Jurnal Pendidikan, 18(2), 89–98.

Utami, S. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Modern. Doctoral Dissertation.

Yolandani, A. A., Gutji, N., & Sarman, F. (2023). Persepsi Siswa terhadap Layanan Informasi Karier di SMA Adhyaksa Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2219–2223.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.268-278

Article Metrics

Sari view : 823 times
PDF - 306 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.