PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP PENENTUAN BAKAT DAN MINAT SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PADANG SIDEMPUAN

Sri Puspita Sari, Nor Mita Ika Saputri, Vitria Larseman Dela

Sari


Peserta didik adalah individu yang berada pada masa yang sulit ketika menghadapi masalah penyesuaian diri dan pengambilan keputusan, sehingga mereka memerlukan bimbingan secara tepat guna pencapaian perkembangan diri mereka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang penulis dapatkan di lapangan dimana masih banyak peserta didik yang tidak dapat menempatkan diri mereka di keadaan yang sesuai keinginan mereka. Hal ini tercermin dari perilaku nakal yang dirasakan dan berkurangnya prestasi belajar siswa. Jika masalah di atas terus berlanjut, maka akan menimbulkan stigma yang parah di kalangan generasi muda, khususnya pelajar SMA. Hal tersebut dapat dicegah  dengan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai bakat dan minat dengan menggunakan layanan penempatan dan penyaluran  berbasis multiple intelligence untuk penentuan bakat dan minat siswa . Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan penempatan dan penyaluran berbasis multiple intelligence dalam penentuan bakat dan minat siswa SMA Negeri 4 Padang Sidempuan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimen. Sampel dalam penelitian ini 18 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Hasil penelitian pada kelompok ekspriemen terdapat perbedaan peningkatan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil posttest kelompok kontrol yaitu 167 sedangkan posttest kelompok eksperimen yaitu 184,4. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan umum peneliti adalah layanan penempatan dan penyaluran berbasis multiple intelligence efektif dalam penentuan bakat dan minat siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang Sidempuan

Kata Kunci


Layanan penempatan dan penyaluran; Multiple intelligence; Bakat dan minat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dela, V. L. 2021. EFFECTIVENESS SERVICE INFORMATION TO INCREASE CONCEPTION X’SELF STUDENT of SMA COUNTRY 1 ANGKOLA WEST. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3, 2013–2015.

Gardner, Howard. 2003. Multiple intelligences (Kecerdasan Majemuk). Batam: Interaksara.

Iskandar, Harun. 2010. Tumbuhkan Minat Kembangkan Bakat. St Book.

Prayitno. 2004. Seri Layanan Konseling L1-L9. Padang: FKIP.

Saputri, Nor Mita Ika, dkk. 2023. UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI KELAS XI SMK N 1 KOTANOPAN. 8(1), 140–154.

Saputri, N. M. I. 2016. EFFECTIVE IMPLEMENTATION OF PERSONAL CARD FOR FORMING POSITIVE STUDENT Nor Mita Ika Saputri , M . Psi . Dosen Bimbingan dan Konseling , UMTS Padangsidimpuan. vol 1, 44–49.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, N. B., & Hartono, A. 2008.

Perkembangan Peserta Didik. Jakarta:

Rineka Cipta

Winkel. 2014. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.226-234

Article Metrics

Sari view : 560 times
PDF - 178 times

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.