RELEVANSI AUM DALAM PEMBUATAN PROGRAM BK KURIKULUM MERDEKA

Novita Fitri, Elida Hapni, Dasril Dasril

Sari


Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui Relevansi AUM dalam pembuatan program BK kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode library research (Kajian Pustaka) dengan memenafaat kan berbagai jenis karya tulis yang banyak digunakan seperti buku, karya ilmiah ( tesis, jurnal dan lainnya). Adapun hasil yang diperoleh yakni dalam penyusuna program bimbingan konseling mengunakan AUM terlihat kurang efektif hal ini karena terdapat beberapa hal diantaranya; Kurang efektif dalam mengungkap masalah yang sebenarnya, Tidak memperhitungkan perspektif dan pengalaman peserta didik, Kurang fleksibel dalam memperhitungkan perbedaan konteks dan budaya, dan Tidak melibatkan partisipasi aktif dari peserta didik.

 


Kata Kunci


AUM; Program; Kurikulum Merdeka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suryabrata, S. (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2014). Evaluasi pendidikan: Teori dan praktik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nurhadi. (2017). Bimbingan dan konseling: Teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2019). Masalah-Masalah dalam Penggunaan Alat Ungkap Masalah (AUM) dalam Riset Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 381-390.

Handayani, D., & Santoso, D. (2018). Pendekatan Partisipatif dalam Identifikasi Masalah pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 65-75.

Nopriyanti, E., & Yani, A. (2018). Potret Kegunaan Alat Ungkap Masalah (AUM) dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 1-9.

Rahmatullah, M., Purwoko, A., & Amalia, R. (2020). Studi Etnografi tentang Penggunaan Alat Ungkap Masalah (AUM) dalam Identifikasi Masalah Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 132-142.

Santoso, D., & Mardiana, E. (2021). Problem of Alat Ungkap Masalah (AUM) in School-Based Management. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1), 012076.

Mahfud, M., Yasin, M., & Fitriyani, A. (2021). Strategi Identifikasi Masalah Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 88-94.

Wibowo, A., & Hidayat, R. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Berbasis Kebutuhan Lokal. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 1-8.

Fauziah, N. (2019). Identifikasi Masalah Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Pemanfaatan Alat Ungkap Masalah. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 33-39.

Nurhikmah, A., & Harahap, M. R. (2020). Analisis Penggunaan Alat Ungkap Masalah dalam Identifikasi Masalah di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 37(2), 187-194.

Susanto, H. (2018). Alat Ungkap Masalah (AUM) dalam Menangani Masalah Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(1), 20-27.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i2.204-210

Article Metrics

Sari view : 647 times
PDF - 443 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.