ANALISIS PERMASALAHAN ANAK AUTIS SPECTRUM DISORDER (ASD) DI RUMOH TERAPI TABINA BANDA ACEH

Dhia Rahmadika Dhia, Syahnaz Saqila Syahnaz, Shiva Haura Shiva

Abstract


Autisme Spectrum Disorder (ASD) adalah suatu gangguan perkembangan secara menyeluruh yang mengakibatkan hambatan dalam kemampuan sosialisasi,komunikasi dan perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh anak yang mengalami Autisme Spectrum Disorder (ASD) di Rumoh Terapi Tabina Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kulitatif. Penelitian kualitatif adalah pendekatan metodologis yang digunakan dalam penelitian ini. Data deskriptif dari orang-orang dan aktor yang dapat diamati dalam bentuk pernyataan tertulis atau lisan digunakan dalam prosedur penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H yang berusia 7 tahun memiliki gangguan ASD sejak berusia 3 tahun H sudah diantarkan ke Rumoh Terapi Tabina dengan gangguan komunikasi verbal yang tidak lancar, perilaku yang tidak stabil dan gangguan kognitif.


Keywords


Analisis; Anak; Autisme Spectrum Disorder (ASD)

Full Text:

PDF

References


Anke M. Scheeren, Linda Olde Dubbelink, dkk. (2024). Two validation studies of a performance validity test for autistic adults. Journal homepage. Hlm. 1

https://www.tandfonline.com/doi/epdf/10.1080/23279095.2024.2305206?needAccess=true

Fauzan Nur, Lidea Francisca. dkk. (2021). Sejarah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Menuju Inklusi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. V. 3. Hlm 497.

Hafidz Muftisany. (2023). AUTISME Mengenali Ciri-Ciri Anak Autis Sejak Dini. Hafidz Muftisany. Yogyakarta: Elementa Media. Hal 1-3

Holly A. Harris PhD. Nadia Micali MD, PhD.dkk. (2021). The role of food selectivity in the association between child autistic traits and constipation. International Journal of Eating Disorders. V.6. Hal 982

Ikma Nurohman Dr. Hj. Isti Rusdiyani. Dkk. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Autistik Kelas VI Di Skh NEGERI 02 LEBAK. V 3. Hal 2 https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/view/5303/3795

Johanna Linimayr. Line Lindah. Dkk. (2023).Teachers’perceptions of barriers and facilitators to peer play between children with autism spectrum disorder and typically developing peers in early childhood deducation: a research circle study in Austria. International Journal of Developmental Disabilities. V. 0. Hal.1https://www.tandfonline.com/doi/epdf/10.1080/20473869.2023.2230410?needAccess=true

Khadem-Reza, Z.K., Zare, H. (2022). Evaluation of brain structure abnormalities in children with autism spectrum disorder (ASD) using structural magnetic resonance imaging. Egypt J Neurol Psychiatry Neurosurg 58, hal 135.https://doi.org/10.1186/s41983-022-00576-5

Maulida Nur. Novita Sari. Dkk. (2023). Coping Stress Guru PAUD Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah PAUD Reguler. Banten: Penerbit PT Sada Kurnia Pustaka. Hal 13

Naagaroobini B. Mathiyalagan. (2023). Tahap Pengetahuan Guru Pendidikan Khas dalam Pengurusan Sosioemosi Murid Autisme. Malaysian Journal Of Social Sciences and Humanities.V.8.H.2 https://msocialsciences.com/index.php/mjssh/article/view/2152/1582

Nuraeni Siti, Anisa Nursofia. dkk. (2018). Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Hlm 25-26.

Rahmahtrisilvia, dkk. (2021). Assesmen Gaya Belajar Anak Gangguan Spectrum Autisme. Padang : UNP Press. Hlm 6-9

Sekolah Rasa. 2023. Memahami Autis. Semarang: Tiram Media. Hlm. 1

Setiawan Imam. (2020). A to Z Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: CV Jejak. Hlm. 29

Suharsiwi. (2022). Pengembangan Interkasi Sosial Anak Autis Di Sekolah Dasar Kelas Awal. Sumatera Barat: CV Azka pustaka. Hlm 1

Wong, R.S.Y. Neuroinflammation in autism spectrum disorders: potential target for mesenchymal stem cell-based therapy. Egypt J Neurol Psychiatry Neurosurg 58, 91 (2022). . https://doi.org/10.1186/s41983-022-00525-2




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v2i1.15997

Article Metrics

Abstract view : 615 times
PDF - 1428 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.