UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA LOOSE PART DI KELAS B TK SADAR BAKTI KECAMATAN SUNGAI AUR KABUPATEN PASAMAN BARAT

Tri Daen Damerta, sri wahyuni, darliana sormin, jumaita nopriani lubis

Abstract


Because teachers often use whiteboard media to make students recognize the name of the letter but do not know the letter when asked. The purpose of the study was to see whether through loose part media can improve children's ability to recognize letters.This type of research is a class action research carried out in Class B of TK Sadar Bakti, Sungai Aur District, West Pasaman Regency. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The study was carried out with III cycles, each cycle 3 meetings. In each cycle has shown an increase in ability in children. The results of research in the first cycle showed an increase in the ability to recognize letters by 40%. Cycle II rose again by 66.67%. Scycle III grew rapidly by 93.33%. Thus, it is concluded that classroom action research using loose part media can improve children's ability to recognize letters.

Keywords


ability, letter recognition, loose part media

References


Adnan Latief, Mohammad. 2010. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: UM Press.

Agustini, dkk, Rini. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stcik Berbantuan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Pada Raudatul Athfal Arafah” (Padangsidimpuan: Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Vol. 7, No. 1.

Alam Siregar, Rusti. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata” Jurnal Literasiologi Jambi: Universitas Islam Negeri Jambi. Vol.2, No.1.

Amalia Ramadhani, Rizka. 2020. “Upaya Meningkatkan Mengenal Huruf Melalui Media Audio Visual Anak Usia Dini” Skripsi. Medan: UINSU.

Hibana, dkk, Euis Siti Badriyah. 2022. “Penggunaan Media Loose Part Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini”, Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 1 No. Yogyakarta: UIN Kalijaga Yogyakarta.

Lailatul Fitriyah, Aina. 2013. “Pengenalan Huruf Melalui Media Loose Part”. Purwokerto: IKA STAIN Purwokerto.

Nasib Ar-Rifa’I, Muhammad. 2012. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 3, Q.S. An-Nahl. Jakarta: Gema Insani.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Mengenal Lambang Huruf.

Rizky Drupadi, dkk,Destri Rachma Pratiwi. 2020. “Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun “Jurnal Pendidikan Anak. Lampung: Kota Bumi Selatan. Vol.6 No.2.

Sugito. 2010. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Proses Perkembangan Anak Usia Dini. Buletin PAUD Volume 9.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, Yogyakarta: Dharma Bakti

Zaman,Badru. 2014. Media dan Sumber Belajar PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v1i2.14790

Article Metrics

Abstract view : 358 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 408 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.