UPAYA PEMBIMBING BAHASA DALAM MENINGKATKAN MINAT PENERAPAN BAHASA INGGRIS PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUNNA’IM RANGKASBITUNG LEBAK-BANTEN

Diah Nurul Fitriani, Wahidah Fitriani

Abstract


Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang kerap kali digunakan dalam berbagai pertemuan antar negara di dunia. Mengingat perkembangan zaman yang semakin maju dan teknologi yang semakin berkembang, urgensi bahasa inggris tidak diragukan lagi untuk mendukung berbagai kegiatan manusia. Selain dari pada itu, bahasa inggris kerap kali menjadi faktor pendukung dalam memahami berbagai pelajaran yang ada di sekolah, perguruan tinggi dan tidak terkecuali pondok pesantren modern yang umumnya menerapkan aturan kepada para santrinya untuk berinteraksi dengan dua bahasa setiap hari yaitu bahasa arab dan bahasa inggris. Tidak hanya sebatas aturan, akan tetapi disertai juga dengan pembelajaran, bimbingan bahkan contoh teladan setiap harinya oleh berbagai figur yang ada di pesantren. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriftif yang bertujuan untuk mendapatkan data yang mendalam dan suatu data yang mengandung makna. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah berbagai upaya dan metode yang diterapkan oleh pembimbing bahasa sangat menentukan para pelajar untuk merasa mudah dalam mempelajari bahasa inggris serta menimbulkan minat yang kuat untuk mempraktikannya dalam bentuk percakapan setiap hari.


Keywords


Upaya Pembimbing Bahasa; Minat Santri; Bahasa Inggris Pondok Pesantren Darunna’im.

Full Text:

PDF

References


Ermi, Netti. Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru (Jurnal SOROT, Volume 10, Nomor 2, Oktober 2015) hal.159.

Hidayat, Asep Ahmad Filsafat Bahasa, (Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, Juli 2016), Hal. 26.

Ibrahim Bafadal, Supervisi Pengajaran, Teori Dan Aplikasinya Dalam Membina Profesional Guru, Hal. 10.

Iskandar &Sunendar, Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa,(Bandung, PT: Remaja Rosdakarya, 2015) Cetatakan Ke-Lima, Hal. 168.

Megawati, F. (2016). Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran bahasa Inggris secara efektif. PEDAGOGIA: Jurnal pendidikan, 5(2), 147-156.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017) Hal. 217.

Sari, L., & Lestari, Z. (2019, February). Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dalam menghadapi era revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Shaleh, M. Pengaruh Kemampuan Berbahasa Asing (Arab-Inggris) Tehadap Prestasi Belajar Siswa (Study Kasus Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pondok Di Pondok Pesantren Daar El-Qolam Ii).

Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabet,2013) Hal.293

Suwarto, Berkaca Dari Belajar Bahasa Inggris Siswa Berprestasi, (Yogyakarta: Cv Bildung Nusantara, 2020) Hal.22




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i1.1-5

Article Metrics

Abstract view : 736 times
PDF - 657 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id