KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MAKNA KATA DALAM PUISI ‘REMUK DAN HANYUTNYA AKHLAQ BANGSA’ KARYA TAUFIK ISMAIL

Nur Afifah, Nikmah Sari Hasibuan

Abstract


Kata adalah makna atau maksud, kata-kata lain digabungkan dengan kata dalam kamus, konotasi kata, peristiwa yang diharapkan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi makna kata dalam puisi "Remuk dan Hanyutnya Akhlaq Bangsa" karya Taufik Ismail dengan model think pair share (berpikir berpasangan) oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotanopan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 310 siswa dengan sampel 34 siswa. Dalam penelitian ini rumus yang digunakan adalah rumus korelasi "r" momen produk. Dari perhitungan dilakukan melalui rumus korelasi product moment, dengan nilai rxy 0,590, sehingga jika dibandingkan dengan nilai r tabel (0,590> 0,34) pada taraf signifikan 5% dan (0,590> 0,44) pada taraf signifikan 1% maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian hipotesis menyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan mengidentifikasi makna kata dalam puisi "Remuk dan Hanyutnya Akhlaq Bangsa" oleh Taufik Ismail dengan model think pair share (berfikir berpasangan) oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kotanopan.


Keywords


Arti kata; puisi; think pair share.

References


Ambarwati, A.D. 2012. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Pendekatan Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Konsep Tekanan”. www.repository.upi.edu. Diunduh tanggal 22 Agustus 2022.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A., & Muliastuti, L. (2014). Makna dan semantik. Semantik Bahasa Indonesia, 1-39.

Chaer, Abdul. 2005. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan AncanganLiterasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yoyakarta: Graha Ilmu.

Soetarno. 2007. Peristiwa Sastra Melayu Lama. Surakarta: Widya Duta Grafika.

Suharlik. 2011. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Integrasi Think Pair Share dan Resiprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Biologi Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda di SMAN 1 Batu”. www.mulok.library.um.ac.id/.

Sukasari, P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Singaraja. Singaraja: Jurusan Pendidikan Kimia Undiksha.

Sumardjo Jakob, Saini K.M. 2006. Apresiasi Kesustraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sunarto W., Sumarni W., Suci E., 2008. Hasil Belajar Kimia Siswa dengan Model Pembelajaran Metode Think Pair Share dan Metode Ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Univ. Negeri Semarang, Vol. 2 No. 1 Tahun 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.208-215

Article Metrics

Abstract view : 610 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id