KETERBACAAN TEKS PADA ARTIKEL BERITA SEEKER

Faridatun Nida

Abstract


Tingkat keterbacaan suatu teks dapat menunjukkan siapa target pembacanya. Sementara itu, berkaitan dengan aktivitas literasi yang dilakukan di lingkungan pendidikan formal, pembelajar diharapkan memiliki kemampuan membaca dan memahami berbagai jenis teks, baik teks ilmiah maupun non-ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui target pembaca artikel berita daring Seeker dengan melakukan analisis terhadap tingkat keterbacaan teksnya sehingga dapat atau tidak dapat dipertimbangkan sebagai salah satu materi dalam aktivitas literasi pada suatu tingkat pendidikan. Data dalam penelitian ini adalah artikel yang diambil dari laman daring Seeker dan yang diterbitkan selama bulan Mei 2022. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik catat. Setelah mengumpulkan data, analisis dilakukan dengan menggunakan rumus Flesch-Reading Ease Test. Analisis juga dilakukan dengan menggunakan Gunning Fox Index. Dari analisis tersebut diketahui bahwa level keterbacaannya berada pada tingkat cukup sulit menuju sulit. Artikel dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca atau siswa yang berada pada tingkat edukasi formal mulai dari kelas 10 ke atas.


Keywords


tingkat keterbacaan; artikel berita; seeker.

Full Text:

PDF

References


Amilia, F. (2017). Pengembangan Teks Melalui Pembelajaran Kontekstual. Seminar Nasional "Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global" (p. Seminar Nasional "Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global). Jember: PS PBSI FKIP Universitas Jember.

Ginanjar, A. A. (2020). Analisis Tingkat Keterbacaan Teks dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Literasi, 175-181.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 1-11.

Mundir, H. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif . Jember: STAIN Jember Press.

Purnamasari, Y. (2021). Tingkat Keterbacaan Teks Kesehatan dalam Website Resmi WHO pada Masa Pandemi COVID-19. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran, 94-105.

Putra, R. M. (2013). Fox Index dan Keterbacaan Berita Utama (Headline) Suara Merdeka 03 Mei 2013. Neliti, 41-48.

Parapat, L. H., Harahap, E. M., & Masyita, Z. H. (2021). PENGAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENGATASI KESALAHAN BERBAHASA PROKEM DI MEDIA SOSIAL. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(2), 368-375.

Parapat, L. H., & Huda, R. (2022). PROBLEMATIKA KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UM-TAPSEL. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50-59.

Sugiyono. 2017. Memahami Penelitian Kualitatif.

Parapat, L. H., Huda, M. P. R., Harahap, M. H. E. M., & Lubis, M. P. K. (2022). BUKU AJAR MENULIS & BERBICARA PRODUKTIF. CV. AZKA PUSTAKA.

Rahardjo, M. (2017). Mengenal Ragam Studi Teks: dari Content Analysis hingga Post-Modernisme (Bahan Kuliah Metodologi Pendidikan). Malang: UIN Maliki Malang.

Rohmah, F., Junal, J., & Yuliati, A. (2021). Analisis Makna Grammatikal, Makna Referensial dan Makna Nonreferensial dalam Berita Online di Aplikasi BACA Edisi Bulan Maret-April 2021. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.

Saptono, D., Sampurna, T. M., Wahyu, T., & Fitrianingsih, F. (2013). Implementasi Algoritma Gunning Fox Index Pada Uji Keterbacaan (Readability Test) Bahasa Indonesia Menggunakan Bahasa Pemrograpam Python . Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan 2013 (SEMANTIK 2013) (pp. 72-77). Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Sari, R. K. (2018). Analisis Keterbacaan Teks Bahasa Inggris dalam Buku Ajar Wajib di Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Formula Flesch. Research Gate, 1-5.

Saroni, N., Widodo, H. S., & Mudiono, A. (2017). Analisis Keterbacaan Teks Pada Buku Tematik Terpadu Kelas V SD Berdasarkan Grafik Fry. Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD "Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi" (pp. 157-164). Malang: Universitas Negeri Malang.

Silalahi, I., & Lubis, F. (2018). Analisis Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan Menggunakan Teknik Fox Index Siswa Kelas VIIi SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Medan: Universitas Negeri Medan.

Tobing, R. L. (2017, Februari 24). Gunning Fox Index, Teknik Menerka Tingkat Keterbacaan Tulisan. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.

Yasa, K. N. (2013). Kecermatan Formula Keterbacaan sebagai Penentu Keefektifan Teks. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.148-157

Article Metrics

Abstract view : 746 times
PDF - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id