ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK PADA NASKAH DRAMA PESTA TERAKHIR

Fadhilatul Hafizhah, Hendra Setiawan

Abstract


Naskah drama “Pesta Terakhir” karya Ratna Sarumpaet terdapat unsur-unsur intrinsik yang dapat dikaji dan unsur ekstrinsik yang dapat dianalisis menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan pendidikan karakter. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tema pada naskah drama “Pesta Terakhir” karya Ratna Sarumpaet yaitu sosial. Alur atau jalan cerita yang digunakan adalah alur maju. Tokoh pada naskah drama ini yaitu berjumlah tiga belas tokoh. Bahasa yang digunakan menggunakan bahasa baku dan bahasa daerah, terdapat majas yang terkandung dalam dialog. Unsur pementasan yang digunakan pada naskah drama “Pesta Terakhir” yaitu tata panggung, tata lampu, tata busana, properti, latar musik, dan latar tempat. Pendekatan sosiologi sosiologi yang terkait pada naskah drama ini yaitu politik dan kesenjangan sosial. Pendekatan pendidikan karakter yang dapat dipelajari adalah pengetahuan moral.


Keywords


Drama; Intrinsik; Ekstrinsik; Sastra; Sosiologi.

Full Text:

PDF

References


Firmansyah Fahmi, Ridzky. 2017. Pembelajaran Naskah Drama Melalui Bedah Naskah. Jurnal Forum Didaktik. 1(1): 33-40.

Gemilang Harsanti, Arni. 2017. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra.In Prosiding Seminar Nasional PS PBSI FKIP Universitas Jember.

Heryadi, D. A. (2020). Analisis Unsur Intrinsik dan Kaidah Kebahasaan Naskah Drama Sepasang Merpati Tua Karya Bakdi Soemanto sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Nurul Azhar, Iqbal. 2020. Sosiologi Sastra. Jakarta:Wordpress.

Parapat, L. H., Huda, M. P. R., Harahap, M. H. E. M., & Lubis, M. P. K. (2022). BUKU AJAR MENULIS & BERBICARA PRODUKTIF. CV. AZKA PUSTAKA.

Parapat, L. H., Lubis, K., & Parapat, H. (2021). KEMAMPUAN MENGANALISIS MAKNA DENOTATIF DAN KONOTATIF PUISI “BUAH RINDU” KARYA AMIR HAMZAH. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 199-205.

Permana, A., Juwita, L., & Zenab, A. S. (2019). Analisis Unsur Intrinsik Novel Menggapai Matahari Karya Dermawan Wibisono. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 21-26.

Setiawan, Samhis. 2020. Pementasan Drama. Jakarta:Guru Pendidikan Zakky. 2019. Unsur-Unsur Drama (Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Naskah Drama). Jakarta:Zona Referensi




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.9-22

Article Metrics

Abstract view : 8617 times
PDF - 3836 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id