PENGAPLIKASIAN MODEL CIPRO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PADA MAHASISWA SEMESTER IV

Tri Pertiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang Pengaplikasian Model CIPRO dalam Pembelajaran Menulis pada mahasiswa Semester IV Program Studi pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Usman Safri Kutacane”. Adapun sampel penelitian berjumlah 27 Mahasiswa semester IV. Jenis penelitian deskripsi dengan teknik analisis deskripsi dan statistik produk moment.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa. Dapat dilihat dari hasil kemampuan menulis Mahasiswa Khususnya menulis teks prosedur menjadi meningkat. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh rhitung  sebesar 0,455, sehingga dibandingkan dengan nilai yang ada pada rtabel taraf signifikan 5% yakni (0,455 > 0,381). Berdasarkan  hasil konsultasi nilai tersebut, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya Pengaplikasian Model CIPRO dalam Pembelajaran Menulis pada mahasiswa Semester IV Program Studi pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Usman Safri Kutacane sangat signifikan.


Keywords


Pengaplikasian; model CIPRO; Pembelajaran; Menulis.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Siwi Puji. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif 5 (1) : 68-75, 2015. ISSN : 2088-35 IX . Halaman 71

Darmayanti, Made. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning Di Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Blahbatuh.Jurnal. Vol. 03, No. 1 Tahun 2015. Halaman 2.

Gulo, Melvianus. Pengaruh Model Pembelajaran Silent Demonstration Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII Budi Murni 3 Medan. Jurnal. Vol 02, No. 01 Juni 2019. ISSN 15421-71667. Halaman 49

Indrawati. 2011. Modul Pembelajaran Fisika Model-Model Pembelajaran. Jember: Universitas Jember.

Kurniawan Endang, dan Kosasih. 2018. Jenis-jenis Teks. Bandung : Yrama Widya.

Kurniawan Endang. 2020. Jenis-jenis Teks. Bandung : Yrama Widya.

Kusuma, Emi Rizta. 2018. Model Pembelajaran CIPRO (Citizen Prosedur) sebagai Alternatif Pengajaran Teks Prosedur dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal.Vol 02, No. 01, 2018. ISSN 2579-3799 (Online). Halaman 2-3

Linarwati, Mega DKK. 2016. Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Cabang Kudus. Jurnal Management. Vol 02. No. 02. Halaman 1

Malladewi, Merrina Andy. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositori Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV di SD Negeri Balasklumprik 1/434 Surabaya. Jurnal. Vol 03, No. 01 Tahun 2015. Halaman 2

Priyatni, Endah Try. 2016. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta :PT. Bumi Aksara.

Poerwardamanti, WJS. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Parapat, L. H., & Huda, R. (2022). PROBLEMATIKA KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UM-TAPSEL. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50-59.

Sugiyono. 2017. Memahami Penelitian Kualitatif.

Parapat, L. H., Huda, M. P. R., Harahap, M. H. E. M., & Lubis, M. P. K. (2022). BUKU AJAR MENULIS & BERBICARA PRODUKTIF. CV. AZKA PUSTAKA.

Rohilah. 2018. Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Membaca. Vol 03. No. 01 April 2018. ISSN 2580-4766. Halaman 2

Shoimin, Aris. 2014. 68 model pembelajaran inofatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2019. Pengantar Statistik Pendididkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Tanujaya, Chesley. 2017. Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffein. Jurnal Managemen dan Start-Up Bisnis. Vol 02, No. 01 April 2017. Halaman 93

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Widyaningsih, Emi. 2013. Modul Pengayaan Bahasa Indonesia. Grahadi: Surakarta

Wijarnako, Yudi. 2017. Model Pembelajaran Make A Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal. Vol. 01, No. 01 Juni 2017. p. ISSN : 2579-5112 e. ISSN : 2579-5147. Halaman 2




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.118-130

Article Metrics

Abstract view : 917 times
PDF - 898 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id