PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X MAS BAHRUL ULUUM AL-KAMAL
Abstract
Penelitianaini bertujuan untukkmengetahui apakah ada pengaruhhmodel pembelajaran Example non Example terhadap kemampuanamenulis puisi siswa kelas X MAS Bahrul Uluum Al-Kamal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pretest posttest desain eksperimen one group yang dalam pelaksanaannya dilakukan pretest saat sebelum diberi perlakuan dan dilakukan posttest setelah diberi perlakuan. Berdasarkan dari hasil perhitungan data pretest serta posttest berdistribusi normal, dan homogen, sementara itu pada perhitungan hipotesa, hasil yang didapat thitung > ttabel ialah 9,37 > 2,04 sehingga pengujian hipotesis menolak H0 serta menerima Ha. Sehingga ada perbedaan hasil menulis puisi siswa kelas X MAS Bahrul Uluum Al-Kamal saat sebelum serta setelah diberikan perlakuan. Hasil tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa saat sebelum diberikan perlakuan (pretest) dengan yang telah diberikan perlakuan (posttest) pada keterampilan menulis puisi siswa kelas X MAS Bahrul Uluum Al- Kamal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Esten, M. 1995. Memahami Puisi. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Fathurrohman, Pupuh. M. Sobry Sutikno, (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Istarani, 2012.Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: CV.Iscom
Kusnandar, 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Pradopo, R. D. 2010. Pengkajian Puisi. Gajah Mada University Press.
Rosidi, I. 2009. Menulis.... Siapa Takut? Yogyakarta: Penerbit Kanisius (Anggota IKAPI).
Rusman. 2016. Model-Model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Semi, A. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Percetakan Angkasa.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiarto, E. 2015. Terampil Menulis Tips dan Trik menulis Laporan, Opini, Cerpen, Puisi Pantun. Yogyakarta: Morfalingua.
Sudjana, 2005. Metode statisika. Bandung : Tarsito
Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tarigan, Hentri Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasara
Tarigan, Jjago dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah, Jakarta: UT
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.74-82
Article Metrics
Abstract view : 314 timesPDF - 165 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id