KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS DALAM MENGANALISIS UNSUR-UNSUR CERITA FANTASI

Eli Marlina Harahap, Fitri Amalia Lubis

Abstract


Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang keterampilan membaca kritis dalam menganalisis unsure-unsur cerita fantasi. sampel pada penelitian ini adalah kelas VII-5 yang berjumlah 30 siswa. Pembagian kelas VII-5 berjumlah 30 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik yang digunakan salam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes, menggunakan analisis secara deskriptif dan statistik berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwan ilai rata-rata keterampilan membaca kritis dalam kemampuan menganalisis unsur-unsur cerita fantasi “Putri dalam Lemari” karya Iman H dan Irwan Nuswantoro oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan adalah 76,4 dengan kriteria “Baik”.


Keywords


keterampilan; membaca kritis;Cerita Fantasi.

Full Text:

PDF

References


Dalman. H. 2014. Keterampilan Membaca. PT. Raja Jakarta: Grafindo Persada.

Djatmika. 2018. Mengenal Teks & Cara Pembelajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fanany, Burhan El. 2012. Teknik Baca Cepat Trik Efektif Membaca 2 Detik 1 Halaman. Yogyakarta: Pnang Merah Recidence Kav. 14.

Harsiati, Titik dkk. 2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016 untuk SMP kels VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, H.E. 2017. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yram Widya.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Musthafa, B. 2008. Teori dan Praktik Sastra. PT. Jakarta: Cahaya Insan Sejahtera..

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyanti, Endah Tri. 2012. Memabaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusnayanti, Harijaty E., Konisi L.Y. (2020). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur- Unsur Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Vol 5 No. (3), 2020.

Syarifuddin M & Nursalim. (2019). Strategi Pengajaran Sastra. Vol 5 No. (2) 2019.

Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

Trianto. A, Harsiati. T, Kosasih, E. 2018. Bahasa Indo

nesia Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yahya, Yindri., Yulistio D., Arifin M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Vol 2 No. (III), 2018.

Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.193-202

Article Metrics

Abstract view : 1729 times
PDF - 816 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id