KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS DALAM MENGANALISIS UNSUR-UNSUR CERITA FANTASI
Abstract
Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang keterampilan membaca kritis dalam menganalisis unsure-unsur cerita fantasi. sampel pada penelitian ini adalah kelas VII-5 yang berjumlah 30 siswa. Pembagian kelas VII-5 berjumlah 30 siswa dengan 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik yang digunakan salam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes, menggunakan analisis secara deskriptif dan statistik berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwan ilai rata-rata keterampilan membaca kritis dalam kemampuan menganalisis unsur-unsur cerita fantasi “Putri dalam Lemari” karya Iman H dan Irwan Nuswantoro oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan adalah 76,4 dengan kriteria “Baik”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dalman. H. 2014. Keterampilan Membaca. PT. Raja Jakarta: Grafindo Persada.
Djatmika. 2018. Mengenal Teks & Cara Pembelajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fanany, Burhan El. 2012. Teknik Baca Cepat Trik Efektif Membaca 2 Detik 1 Halaman. Yogyakarta: Pnang Merah Recidence Kav. 14.
Harsiati, Titik dkk. 2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016 untuk SMP kels VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kosasih, H.E. 2017. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yram Widya.
Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Musthafa, B. 2008. Teori dan Praktik Sastra. PT. Jakarta: Cahaya Insan Sejahtera..
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Priyanti, Endah Tri. 2012. Memabaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusnayanti, Harijaty E., Konisi L.Y. (2020). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur- Unsur Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Vol 5 No. (3), 2020.
Syarifuddin M & Nursalim. (2019). Strategi Pengajaran Sastra. Vol 5 No. (2) 2019.
Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.
Trianto. A, Harsiati. T, Kosasih, E. 2018. Bahasa Indo
nesia Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yahya, Yindri., Yulistio D., Arifin M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Vol 2 No. (III), 2018.
Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.193-202
Article Metrics
Abstract view : 2426 timesPDF - 957 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id