MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENGIMPILIMENTASIKAN MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 MELALUI IN-HOUSE TRAINING DAN SUPERVISI

Titik Hamelya

Abstract


Melalui kegiatan supervisi dapat memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam menerapkan model-model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan profesional guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan IHT dan supervisi kunjungan kelas untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran abad -21 di SMP binaan  Kabupaten Aceh Tenggara tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan  metode deskriftif kualitatif. Subjek dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah semua guru yang ada di  SMP Binaan di Kabupaten  Aceh Tenggara yang berjumlah 21 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran melalui In –House Training dan supervisi kunjungan kelas pada siklus I adalah 3,4 yang tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus ke II terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik lagi yaitu 3,83 yang tergolong baik. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran melalui supervisi pada siklus I adalah 3,18 yang tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus ke II terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik lagi yaitu 3,58 yang tergolong baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran abad-21 melalui IHT dan supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan nilai siswa.


Keywords


Kinerja guru; implementasi, abat 21.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. (2007). Peningkatan Profesionalisme Guru Skeolah Dasar (dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah). Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2006). Pendidikan Guru Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Askara.

Idris, Jamaluddin. (2007). Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Banda Aceh: Taufiqiyah Sa’adah.

Kunandar. (2008). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo Persada.

Mukhtar dan Iskandar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

--------. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Purwanto, Ngalim. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rivai, M dan Murni. (2005). Education Management (Analisis Teori dan Praktek). Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. (2011). Supervisi Pembelajaran: dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

---------. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: ALFABETA.

Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali.

Soetjipto dan Raflis Kosasi. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Dosen Administrasi Universitas Pendidikan Indonesia. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Usman, Husaini. (2012). Manajemen (Teori, Praktik dan Riset Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.152-158

Article Metrics

Abstract view : 715 times
PDF - 368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id