PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK MAHASISWA PRODI TARJAMAH

Darsita Suparno, Husni Thamrin, Gunawan Ismail

Abstract


Tujuan utama penelitian ini menyelidiki keperluan mahasiswa dan dosen terhadap pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah dalam metode penulisan karya ilmiah. Pengajaran metode penulisan karya ilmiah yang berdampak kepada peningkatkan hasil belajar mahasiswa berbasis pada materi ajar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 4 Program Studi Tarjamah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) merupakan metode yang dipilih untuk diterapkan pada studi ini selain itu digunakan juga validasi ahli dan mahasiswa untuk menilai produk dan keefektifan produk. Hasil penelitian yang diperoleh dipaparkan sebagai berikut: i)mahasiswa dan dosen membutuhkan materi pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah yang sesuai dengan metode penulisan karya ilmiah; ii) skor dengan rentang sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar merupakan hasil validasi yang dibuat oleh ahli dan mahasiswa; iii) Peningkatan kompetensi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah dapat diupayakan melalui pengembangan bahan ajar secara berkala. Fakta ini dapat diamati dari keadaan sebelum proses pengembangan bahan ajar rerata nilai mahasiswa untuk penulisan karya ilmiah berada pada nilai cukup. Peningkatan nilai menjadi skor cukup menjadi baik terjadi setelah tersedia bahan ajar hasil pengembangan dalam studi ini.


Keywords


hasil; materi ajar; penulisan makalah; karangan ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Belcher, W.L., 2019. Writing Jour Journal Article in 12 Weeks A Guide to Academic Publishing Success. SAGE Publication, Inc., United Stated.

Borg, W.R., M.D.Gall, 2003. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc. Longman. Inc, London.

Broda, M., John Yun, Barbara Schneider, 2018. Reducing Inequality in Academic Success for Incoming College Students: A Randomized Trial of Growth Mindset and Belonging Interventions 11, 317–388. https://doi.org/10.1080/19345747.2018.1429037

Darmayanto, V., Awani Manurung, Susy Deliani, 2021. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI Mas Al-Jamiyatul Washliyah Sei Kepayang Tahun Pembelajaran 2019-20. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra 6, 35–42. https://doi.org/DOI : 10.31604/linguistik.v6i1.35-42

Driel, J. van, Drie, J. van, Boxtel, C. van, 2022. Writing about historical significance: The effects of a reading-to-write instruction. International Journal of Educational Research 112, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.101924

Ferreira, J.J., 2020. Writing Is Seeing – towards a Designerly Way of Writing 23, 697-714. https://doi.org/10.1080/14606925.2020.1806521

Geyte, E.V., 2013. Writing Learn to Write Better Academic Essays (Collins English for Academic Purposes). Harper Collins, London.

Hadisusilo, Y.E., 2021. Kepala Perpusnas: Indeks Kegemaran Baca Indonesia 2929 Masuk Kategori Sedang.

Hughes, H., 2013. International students using online information resources to learn: complex experience and learning needs. Journal of Further and Higher Education 37, 126–146. https://doi.org/10.1080/0309877X.2011.644778

Kocatepe, M., 2021. Reconceptualising the notion of finding information: How undergraduate students construct information as they read-to-write in an academic writing class. English for Academic Purposes journal 54, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2021.101042

Parapat, L.H., Harahap, E.M., Masyita, Z.H., 2021. Pengajaran Bahasa dalam Mengatasi Kesalahan Berbahasa Prokem di Media Sosial. Linguistik Jurnal Bahasa dan Sastra 6, 368–372. https://doi.org/10.31604/linguistik.v6i2.368-375

Parapat, L. H., Huda, M. P. R., Harahap, M. H. E. M., & Lubis, M. P. K. (2022). BUKU AJAR MENULIS & BERBICARA PRODUKTIF. CV. AZKA PUSTAKA.

Purser, E., Dreyfus, S., Jones, P., 2020. Big ideas & sharp focus: Researching and developing students’ academic writing across the disciplines. Journal of English for Academic Purposes 43, 1–23. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2019.100807

Ratnawulan, E., Rusdiana, H.A., 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Pustaka Setia, Bandung.

Sawyer, E., 2016. College Essay Essentials: A Step by Step Guide to Writing a Successful College Admissions Essay. Source Books Inc, Illinois.

Sudaryanto, 2015. Metode Linguistik: ke Arah Memahami Metode Linguistik. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Tarigan, H.G., 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Angkasa, Bandung.

Wilson, J.A., Soblo, H., 2020. Transfer and transformation in multilingual student writing. Journal of English for Academic Purposes 44, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2019.100812

Yoshikawa, K., Brady, B., Perry, M.A., 2019. Sociocultural factors influencing physiotherapy management in culturally and linguistically diverse people with persistent pain. Pre-Proof 1–29. https://doi.org/10.1016/j.physio.2019.08.002




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.81-91

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id