PENGEMBANGAN MEDIA BLOG PADA MATERI MENULIS PANTUN KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan media blog pada maeteri menulis pantun dengan menggungakan metode penelitian pengembangan RnD serta mengetahui kelayakan media blog sebagai media ajar pada pembahasan menulis pantun di kelas VII pelajaran Bahasa Indonesia pokok di Sekolah Menengah Atas. Metode pengembangan yang digunakan yaitu metode RnD dari Borg and Gall. Tahapan pengembangan model ini meliputi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain,uji coba produk. Pengembangan divalidasi oleh tiga validator yakni ahli materi dengan penilaian mencapai 81% masuk dalam kategori layak, validasi ahli media dengan penilaian mencapai 85% masuk kategori cukup layak, validasi guru pelajaran mencapai angka 96% kategori layak, Dari keseluruhan penilaian oleh validator kelayakan media blog yang sudah dipaparkan, media blog pada materi menulis pantun kelas VII ini memiliki kualitas layak dan dapat diterima sebagai salah satu media pembelajaran dengan kategori layak (valid).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, Sabarti. 1997. Menulis 1. Jakarta:Depdikbud.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1961. Puisi Lama. Djakarta: Pustaka Rakjat.
Alwi, Hasan dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Alwi, Hasan. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Ambo Enre, Fachruddin. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP UjungPandang.
Anggraeni, Nurul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis MultimediaInteraktif Menggunakan Adobe Flash Cs5 Untuk SmkKelas Xi Kompetensi Keahlian AdministrasiPerkantoran Pada KompetensiDasar Menguraikan SistemInformasi Manajemen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arifin. 2011. Menentukan Kategori Tingkat Kemampuan Siswa.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Badudu, J.S.. 1984. Sari Kesusastraan Indonesia. Jilid ke-1. Bandung: Pustaka Prima.
Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dhakidae, Daniel. 2006. “Sampiran, Isi, dan Sisi-Sisi Kehidupan menurut Pantun.” John Gawa. Kebijakan dalam 1001 Pantun. Jakarta: Buku Kompas.
Gawa, John. 2006. Kebijakan dalam 1001 Pantun. Jakarta: Buku Kompas. http://id. wikipidia.org.
Hidayat, M. Taufik. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis PantunMenggunakan Media Mencari Pasangan Kartu PadaSiswa Kelas VII Smp Negeri 12 Langsa. Langsa: Universitas Samudra.
Junus, Hasan. 2001. Pantun-Pantun Melayu Kuno, Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau.
Nova Sulasmianti. 2018 . Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran. LPMP Bengkulu
Resmi Sari, Yusak Hudiyono, Rahmad Soe’oed. 2017. Pengembangan Media Blog Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X Sma. Kalimantan Timur: Universitas Mulawarman.
Sidik, Betha, Ir dan Pohan, Husni I, Ir, M.Eng (2014). Pemrograman WEB Dengan HTML, Bandung: Informatika.
Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim sastra cemerlang . 2018. Sastra Indonesia Lengkap.Tanggerang Selatan: Cemerlang
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.59-67
Article Metrics
Abstract view : 173 timesPDF - 92 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id