PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK – PAIR – SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWAKELAS X SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

Ahmad Yamin Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana gambaran model pembelajaran think–pair–share (TPS) siswa kelas X SMA N 8 Padangsidimpuan, melihat sejauh mana gambaran kemampuan memahami unsur intrinsik cerpensiswa kelas X SMA N 8 Padangsidimpuan, dan melihat apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran think-pair-share (TPS) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa kelas X SMAN 8 Padangsidimpuan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakanmetode deskriptif. Sumber data berasal dari responden atau sampel penelitian yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik angket ( kuesioner) dan tes. Teknik angket (kuesioner)untuk mengumpulkan data model pembelajaran think–pair–share (TPS) dan tes untuk mengumpulkan data kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen.

Hasil penelitian ini adalah melalui perhitungan diperoleh rhitung =  0,823, jika angka indeks korelasi tersebut dibandingkan dengan rtabel Product pada taraf kepercayaan 95% atau dengan tingkat kesalahan 5% derajat kebebasan df = N – nr = 150 – 2 = 148 (Konsultasi Tabel Nilai “r” Product Moment). Ternyata dalam tabel tidak dijumpai df sebesar 148, karena itu dipergunakan df yang terdekat, yaitu 150. Dengan df sebesar 150, diperoleh rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,159. Jika dibandingkan nilai rhitung dengan rtabel maka dapat disimpulkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,823 > 0,159. Hal ini berarti hipotesis diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran think-sair-share(TPS)dengan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpenpada siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan.



DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v1i1.%25p

Article Metrics

Abstract view : 581 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 694 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id