PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA INSPIRATIF

Netti Marini, Lili Tansliova, Resmi Resmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis cerita inspiratif siswa kelas IX MTs Binaul Iman Karangsari. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes essay  untuk mengukur kemampuan menulis cerita inspiratif siswa kelas IX MTs Binaul Iman Karangsari dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Peneliti menggunakan pretest dan postest untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam menyimak. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan rumus Deskripsi Korelasi Product Moment. Setelah memperoleh hasil analisis data penelitian, maka selanjutnya dilakukan pembuktian hipotesis untuk mengetahui apakah hipotesis diterima kebenarannya atau ditolak dengan menggunakan uji tes (uji “t”). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre test kemampuan menulis cerita inspiratif sebesar 69,9. Setelah penggunaan metode discovery learning, rata – rata nilai post tes kemampuan menulis inspiratif  siswa mengalami peningkatan yakni dengan nilai rata – rata 85,4. Selanjutnya diperoleh nilai korelasi sebesar 0, 71 dan berdasarkan uji t juga diperoleh t  hitung sebesar 7,31 dan t tabel sebesar 2,00. Maka nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak). Hal ini berarti bahwa metode discovery learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerita inspiratif pada siswa MTs Binaul Iman Karangsari


Keywords


discovery learning, menulis, cerita inspiratif

Full Text:

PDF

References


Afnita. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks cerita Inspiratif Melalui Inspiratif Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kota Sawahlunto. Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia No.2 Vol.1 Tahun 2020. Dapat dilihat di ttp://www.conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1655

Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan ( Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsumi. 2016. Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, Syaiful dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, E. M., & Parapat, L. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Kritik Sastra Mahasiswa Umts Padangsidimpuan. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 50-59.

Cintia, Nichen Irma. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Persepektif Ilmu Pendidikan. Vol. 32, No. 1, Tahun 2018..

Aritonang, D. R., Solin, M., & Parapat, L. H. (2019). Pengembangan Kosa Kata Melalui Keterampilan Menulis Akademik Untuk Mengatasi Masalah Campur Kode Mahasiswa. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 120-130.

Parapat, L. H., Huda, R., Jariah, A., & Lestari, T. I. (2022). PELATIHAN MEMBACA PUISI PADA ANAK-ANAK DI DESA PARINGGONAN KECAMATAN ULU BARUMUN. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1092-1096.

Khoir, Muhammad Hamid. 2020. Pengembangan media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metode Penelitian. Tersedia di http://journal.unj.ac.id/unj/indexphp/ipensil/article/view/13453/8070

Hartati, Sri. 2021. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Inspiratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Discovery Learning pada Siswa kelas IX.B Semester 2. Tersedia di jurnal Varidika. No 33. Vol. 1 Tahun 2021. Dan dapat diakses pada https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/15312

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kosasih dan Kurniawan. 2018. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi kUrikulum 2013. Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sucipto. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moleong. Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Muslihah, Eneng. 2014. Metode dan Strategi Pembelajaran, Ciputat: Haja Mandiri,

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Salmi. 2019. Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profit. Vol 6. No.1 Tahun 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.103-109

Article Metrics

Abstract view : 2664 times
PDF - 1233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id