PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN

Berlian Romanus Turnip, Fheti Wulandari Lubis, Rosmeri Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Swasta Erlangga. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Swasta Erlangga yang menampung 22 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest and postest design . Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes esai untuk mengukur kemampuan menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diperoleh bahwa kemampuan menulis cerita pendek menggunakan media gambar berseri mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pretestdengan hasil nilai rata-rata sebesar 59,05, sedangkan data Postest menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 72,9. Terdapat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA swasta Erlangga yang ditunjukkan dengan nilai t hitung  > ttabel ( 4,15 > 2,07).


Keywords


Media Gambar Berseri, Menulis, Cerita Pendek

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti.2001. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Soeparno.1988. Media Pengajaran Bahasa. Klaten : Intan Pariwara.

Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sasta Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiarti, Ni Luh Putu Yeni, I Ketut Adnyana Putra, dan I.B Gede Surya Abadi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Singaraja: Jurnal Mimbar PGSD. Vol 2, No 1.

Aritonang, D. R., Solin, M., & Parapat, L. H. (2019). Pengembangan Kosa Kata Melalui Keterampilan Menulis Akademik Untuk Mengatasi Masalah Campur Kode Mahasiswa. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(2), 120-130.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroto. 1990. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Susanti, Aprilia dan Sri Hariani. 2013. Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Surabaya: Jurnal PGSD. Vol 01. No 02 : 0-216.

Tarigan, H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.83-90

Article Metrics

Abstract view : 1777 times
PDF - 864 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id