REFRESENTASI MAKNA LIRIK LAGU TULUS YANG BERJUDUL“BUNGA TIDUR”

Muhammad Hafiz Assegaf, Kusrin ,, Eka Yusup

Abstract


Pembahasan yang akan diangkat dalam penelitian ini merupakan sebuah refresentasi fase kedewasaan seseorang yang terdapat dalam pada lagu “Bunga Tidur” hasil karya dari seorang musisi terkenal yaitu Tulus, semua sumber data-data yang akan diteliti terdapat dalam lirik-lirik dari lagu”Bunga Tidur” ini. Penelitian ini menggunakan sebuah metode penelitian kualitatif deskritif, Teknik yang ada juga diambil dari pengamatan mendalam dalam penggalan lirik dari lagu tersebut dan beberapa kali observasi untuk hasil yang lebih sempurna, analisis data menggunakan sebuah studi semiotika dari Roland Barthes, Secara garis besar nantinya pada penelitian ini menggunakan makna denotasi,konotasi dan mitos didalamnya.Hasil penelitian makna denotasi dalam lirik lagu “Bunga Tidur” adalah sebuah fase kedewasaan yang terjadi dalam kehidupan untuk diri sendiri maupun para penggemar dari Tulus yang mensupport sampai saat ini, serta makna konotasi dalam lagu “Bunga Tidur” menghasilkan makna yang bisa diterapkan dalam kehidupan seperti, lebih bisa mengontrol diri dimanapun dan apapun keadaannya, mendekatkan diri kepada Tuhan jika mendapatkan masalah dan terakhir bahwa setiap masalah pasti terdapat solusi. Dan makna mitos Bunga Tidur / Mimpi ini menjadi peranan penting dalam lagu ini karena dengan tidur dan bermimpi setidaknya bisa melupakan masalah yang sedang terjadi. Penelitian ini diharapkan menyadarkan orang khusunya pendengar tulus akan makna yang terdapat didalamnya.


Keywords


Bunga Tidur; Kualitatif Deskritif; Semiotika.

Full Text:

PDF

References


Awe, Moko. 2003. Iwan Fals Nyanyian Di Tengah Kegelapan. Yogyakarta:Ombak.

Faturrahman, Dwi. 2021. Representasi Kritik lingkungan dalam Lagu “Ini Judulnya Belakangan” Karya Group Musik Nosstress. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Volume 8 No 7, Desember 2021: 2057-2063.

Fitroh, Dinda Resti Masrifatul. 2019. Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Beyond The Scene (BTS). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Halik, Abdul. 2018. Paradigma Kritik Penelitian Komunikasi (Pendekatan Kritis Emansipatoris Dan Metode Etnografi Kritis). Jurnal Tabligh. Volume 19 No 2, Desember 2018 :162 – 178.

Hidayat, Rahmat. 2014. Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi” Karya Nidji. eJournal Ilmu Komunikasi. Vol 2. No 1. 2014: 243-258.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Perdana Media Group

Parapat, L. H., Lubis, K., & Parapat, H. (2021). KEMAMPUAN MENGANALISIS MAKNA DENOTATIF DAN KONOTATIF PUISI “BUAH RINDU” KARYA AMIR HAMZAH. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 199-205.

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tulus Sabet Tiga penghargaan AMI Awards 2015: (Diakses pada tanggal 22 February 2022) https://merahputih.com/post/read/tulus-sabet-tiga-penghargaan-amiawards-2015 Website.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.23-28

Article Metrics

Abstract view : 11601 times
PDF - 2111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id