KESANTUNAN TUTURAN PENOLAKAN PADA BUDAYA MASYARAKAT BATAK DI DESA AIR JAMBAN KECAMATAN MANDAU

Susi Mariana, Fatmawati -

Abstract


Penolakan pada dasarnya memberikan kesan atau perasaan kecewa pada lawan tutur, karena sesuatu yang diharapkan tidak sesuai harapan. Namun penolakan tidak akan memberikan kesan mengecewakan jika penolakan tersebut dituturkan dengan bahasa yang sopan dan santun. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengelaborasi data mengenai bentuk tuturan penolakan dan skala kesantunan penolakan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kartomihardjo dalam Nadar, F X. (2009), dan Leech dalam Rahardi (2005). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode konten analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative approach). Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan masyarakat batak di desa air jamban, kecamatan mandau, kabupaten bengkalis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekni domentasi, simak libat cakap, sadap, pancing, rekam dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Batak lebih dominan menggunakan penolakan dengan komentar. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian komentar saat menolak tawaran, ajakan, perintah, dan himbauan akan dianggap lebih tepat dan tidak merugikan lawan bicara. Skala kesantunan yang paling berkaitan adalah skala ketidaklangsungan. Selanjutnya, masyarakat Batak lebih dominan menggunakan skala ketidaklangsungan saat melakukan tuturan penolakan. Hal ini menunjukkan bahwa tuturan penolakan yang diungkapkan oleh masyarakat Batak tergolong santun.


Keywords


Kesantunan; tuturan penolakan; Skala Kesantunan

Full Text:

PDF

References


Aryani, N. K. (2020). Kesantunan Bahasa Penolakan pada Transaksi Jual Beli di Pasar Sari Sedana Desa Adat Bugbug Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(1), 61.

Bungin. B (2017). Metodologi Pendekatan Kualitatif (Aktualisasi Metofologi Ke Arah Ragam Varian Kontempoter) Rajawali Pres.

Fatmawati, E. B. Dan Z. (2020), The Realization Of Students’ Polite Rejection Speeches”. Jurnal Geej 7 (1), 134-147.

Gunarwan, A. (1994). Kesantunan Negatif di Kalangan Dwibahasawan Indonesia-Jawa di Jakarta: Kajian Sosiopragmatik. PELLBA 7: 81-122. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atmajaya.

Jusuf Jr Simanjuntak, Dkk, (2018). “Analisis Kesantunan Tuturan Bahasa Batak Toba di Rura Silindung”. Jurnal Bahasa Valume 7, no 1. (Agustus 2013).

Lastri Wahyuni Manurung, (2020). “Strategi Bertutur Menolak Oleh Masyarakat Batak Toba Pada Kegiatan Marhata si Namot (Tawar-Menawar Mahar)”. Jurnal Kadera Bahasa Volume 12, no 1. (10.47541/kaba.v12i1.129) April 2020.

Nadar, FX. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pratiwi, H., & Ramdani, S. D. (2021). Analisis Bentuk Bahasa Penolakan Dalam Transaksi Jual Beli Online. KODE: Jurnal Bahasa, 11, 161–173.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.29-39

Article Metrics

Abstract view : 648 times
PDF - 436 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id