HUBUNGAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017

Ati Rosmiati

Sari


Penelitian deskriptif korelasional bertujuan untuk melihat hubungan antara dua gejala atau lebih, dan cocok dengan permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab terdahulu maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan menyusun kalimat efektif dengan kemampuan menulis wacana eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2016-2017. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata tes awal 45,19 dan termasuk dalam kategori kurang, standar deviasi  hubungan positif antara kemampuan menyusun kalimat efektif dengan kemampuan menulis wacana eksposisi siswa sebelum diberikan pembelajaran 13,68 dan mengalami peningkatan nilai hasil tes akhir sesudah diberikan pembelajaran adalah sebesar 80,72 dantermasuk dalam kategori baik. Selain itu, dari tabel diatas diperoleh hasil thitung=19,70, selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db= N - 1= 36 - 1= 35, maka diperoleh nilai ttabel=2,03. Jadi  dengan demikian nilai thitung ˃ ttabel atau diperoleh kesimpulan bahwa ada  Hubungan Kemampuan Menyususn Kalimat Efektif  Dengan Kemampuan Menulis Wacana Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawe Alas Tahun Pembelajaran  2016-2017

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 73 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.