PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Indah Putri Sari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Kelas X SMK Negeri Kabupaten Deli Serdang Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa X SMK Negeri I Percut Sei Tuan dan SMK Negeri I Lubuk Pakam Kab. Kabupaten Deli Serdang yang tersebar dalam 6 kelas dan kelas X  jurusan Teknik  Bangunan  X SMK Negeri I Percut Sei Tuan, dan SMK Negeri I Lubuk yang tersebar dalam 4 kelas.40  siswa Kelas X-A dan X-B Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan  yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan 40 siswa Kelas X-A dan X-B Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Tukey.Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD = 23,6  lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT  = 20,87dengan  Fhitung = 8,03> Ftabel = 3,97 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir  logis  tinggi = 24,15  lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kemampauan berpikir logis  rendah= 23,87 dengan Fhitung = 15,82> Ftabel = 3,97 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kempuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar konstruksi bangunan  dengan Fhitung = 5,03> Ftabel = 3,97

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 35 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.