PENGARUH METODE INKUIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA DI KELAS IV SD SWASTA PELANGI MEDAN

Fitri Rahmadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan Metode Inkuiri dan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode Konvensional; (2) Perbedaan hasil belajar IPS dari siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah; dan (3) Interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil beljar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Pelangi Medan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 44 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPS sebanyak 22 siswa pada kelas A dan sebanyak 22 siswa pada kelas B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan angket motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode Inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode Konvensional (Fhitung = 5,095> Ftabel = 2,07); (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (Fhitung = 513,55 > Ftabel = 2,15); dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 1,303 > Ftabel = 2,66). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Inkuiri lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan metode konvensional baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode Inkuiri lebih tinggi hasil belajarnya dari pada siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional.


Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
jurnal.lingustik@um-tapsel.ac.id