PENGARUH PENGUASAAN TANDA BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKREPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 LAWE SIGALA-GALA KECAMATAN BABUL MAKMUR KUTA CANE ACEH TENGGARA
Abstract
Keterampilan berbahasa pada hakekatnya mencakup 4 aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pengembangan salah satu aspek keterampilan berbahasa itu harus didukung oleh ketiga aspek lainnya, karena keempat aspek keterampilan berbahasa itu merupakan satu kesatuan. Tanpa dukungan itu mustahil satu aspek dapat berkembang dengan sendirinya. Menulis sebagai salah satu aspek keterampilan bahasa tidak berdiri sendiri sebagai salah satu aspek keterampilan bahasa tetapi, mencakup pula beberapa unsur didalamnya. Salah satu unsur diantaranya ialah tanda baca. Dengan demikian tanda baca dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia, harus dapat perhatian guru bidang study bahasa indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh antara penguasaan tanda baca terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VIII Negeri 7 Lawe Sigala-gala Kecamatan Babul Makmur Kuta Cane Aceh Tenggara. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Negeri 7 Lawe Sigala-gala Kecamatan Babul Makmur Kuta Cane Aceh Tenggara, yang berjumlah 120 orang terdiri 3 kelas. Karena jumlah populasi begitu besar, maka jumlah populasi sebagaian dijadikan secara acak yaitu sebanyak 50 orang (sampling random).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v3i2.173-180
Article Metrics
Abstract view : 1496 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1675 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id