EKSPLORASI KESALAHAN GRAMATIKA PADA PERFORMA BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEMESTER IV STIBA-CNK

Dominikus Seno, I Nengah Sudipa, I Nyoman Suparwa

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kesalahan tata bahasa pada penampilan berbicara dan untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester empat di STIBA-CNK. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif-deskriptif. Prosedur pengumpulan data; teknik observasi digunakan untuk mengamati kesiapan mahasiswa, teknik dialog untuk memperoleh data kuantitatif dan angket untuk memperoleh data kualitatif. Untuk menganalisis data, peneliti mengurutkan data yang telah dikumpulkan dari rekaman. Dalam hal ini peneliti menerapkan beberapa langkah untuk menganalisis data seperti mendengarkan setiap video, menyalin data dari setiap video, mengidentifikasi kesalahan ucapan, membentuk data ucapan, dan mengklasifikasikan data kesalahan berdasarkan lima kategori kesalahan dalam berbicara bahasa Inggris oleh T. J Fitikides (2002). Temuan menunjukkan kesalahan berbicara dengan lima kategori: 41% dari bentuk yang salah digunakan, 37% dari penghilangan yang salah, 2% dari kata-kata yang tidak perlu, 11% dari kata-kata yang salah ditempatkan, dan 8% dari kata-kata yang membingungkan. Selanjutnya, temuan lain yang menjadi penyebab kesalahan dan mempengaruhi mahasiswa dalam berbicara yaitu transfer interlingual, transfer intralingual, dan strategi komunikasi.

 


Keywords


Speaking; gramatical error; error analysis / Kata kunci: Berbicara; kesalahan gramatika; analisis kesalahan

Full Text:

PDF

References


Agustina, S., Mutia, T., 2015.Hubungan Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Education, Vol.10(2): 501-5012.

Arikunto, Suharsimi. 1994. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta,

Batu, Lumba, N.F, Purnama, et all. 2018. Grammatical Errors in Students Speaking English: An Error Analysis on Indonesian Maritime Students. The Asian EFL Journal July 2018. Volume 20, Issue 7: ISSN 1738-1460.

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. London: Longman.

Brumfit, Christopher J. 1984. English Language Study & Teaching; Communicative Methodology. Cambridge.

Corder, S. P. 1974. Error Analysis. In J. P. B. Allen, & S. Pit Corder (Eds.), Techniques in Applied Linguistics. London: Oxford University Press.

Creswell, W. Jhon. 2016. Research Design. Yogyakartka: Pustaka Pelajar

Putra, F.N. Effendi, A, Arifin, A.Z. 2018. Pembobotan Kata pada Query Expansion dengan Tesaurus dalam Pencarian Dokumen Bahasa Indonesia. Jurnal Linguistik Komputasional (JLK), Vol. 1, No. 1, Maret 2018. Hal. 17-22.

Dayat. 2017.Analysis on English Speaking Performance: Exploring Students’ Errors and The Causes. Journal of Education, Teaching and Learning. Volume 2 Number 1 March 2017: Page 71-74 p-ISSN: 2477-5924e-ISSN: 2477-4878.

Dharmowijono, Widjajanti W., dan I Nyoman Suparwa. 2009. Psikolonguistik: Teori Kemampuan Berbahasa dan Pemerolehan Bahasa Anak. Denpasar: Udayana University Press.

Ellis, Rod. 1997. Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press.

Erom, Kletus. 2015. “Practical Guidelines for Writing Research Report”. Kupang: Institute of Foreign Language Studies Cakrawala Nusantara Kupang.

Fitikides. 2002. Common Mistakes in English. Malaysia: Logman

Harris, David. 1974. Testing English as a Second Language. New York: Mc. Graw. Hill Book Company.

Johnson, D. W., Johnson, R. T. & D.Jonassen (Ed.). 1996. Cooperation and the use of technology. Handbook of research for educational communications and technology. London: MacMillan.

Krashen, S.D. 1982. Principles and Practice in Second Language Acquisition. Pergamon: Oxford.

Kumaravadivelu, B. Beyond methods: Macro strategies for language teaching, (New Haven, CT: Yale University Press. 2003)

Merriam-Webster.com Dictionary, Merriam Webster,https://www.merriam-webster.com/dictionary/explore. Accessed 2 Oct. 2021.

Mitha, D. Wni, et al. An Analysis of Students’ Speaking Anxiety Faced by the Fourth Semester Students of English Education Study Program of English Department of Universitas Negeri Padang. Journal of English Language Teaching, ISSN 2302-3198.

Brown, Gillian dan George Yule. 1983. Analisis Wacana. Terjemahan I. Soetikno. 1996. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Richards, J. C. 2006. Communicative language teaching today. (Cambridge: Cambridge University Press. 2006),13.

Parapat, L. H., Huda, M. P. R., Harahap, M. H. E. M., & Lubis, M. P. K. (2022). BUKU AJAR MENULIS & BERBICARA PRODUKTIF. CV. AZKA PUSTAKA.

Rivers & Temperley. 1978. A Practical Guide to The Teaching of English as a Second of Foreign Language. New York: Oxford University Press.

Suchona J. Iffat & Shorna A. Sadia. 2019. Speaking Problems in English and Solutions: Scrutinizing Students’ Perspective. Bangladesh: University of Asia Pacific, Dhaka

Sudipa. 2016. Interferensi Bahasa Ibu Dalam Memepelajari Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing.https://id.scribd.com/doc/314588085/Interferensi-Bahasa-Ibu

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS

Saragih, Amrin. 2008. Bahasa Indonesia Lisan dan Tulisan. Vol.5: 10-15.

Tuan, Nguyen Hoang and Mai, Tran Ngoc. 2015. Factor Affecting Students’ Speaking Performance at Le Than High School. Asian Journal of Education, 2 (3)

Ur, Penny 1991. A Course in Language Teaching: Practice and Theory. New York: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i2.68-80

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id