HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017

Sabrun Jamil

Sari


Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  kemampuan mengajar guru dan hasil belajar Bahasa Indonesia,
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri Negeri 1 Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara dengan jumlah 40 siswa, sampel penelitian 40 orang siswa secara keseluruhan berdasarkan dua kelas dan dua orang guru. Data variabel dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor kemampuan mengajar guru (X), dan skor hasil belajar Bahasa Indonesia (Y). Untuk memperoleh data tersebut digunakan Instrumen yang diperlukan  adalah teknik angket kemampuan mengajar guru, dan tes hasil belajar Bahasa Indonesia.
Berdasarkan  hasil analisis regresi linier ganda dan korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini dilihat dari (1) persamaan regresi ganda = -54.59 + 0.75 X1 + 0.53 X2 linier, (2)koefisien al dan a2 berpengaruh positif secara signifikan dan koefisien korelasi linier ganda Ry12 = 0.94 adalah signifikan dengan kontribusinya sebesar 92 %. Secara parsial terdapat hubungan yang positif antara kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia.
Simpulan dari penelitian ini adalah:  terdapat hubungan positif antara kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia, khususnya pada siswa SMA Negeri 1 Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara. Dengan adanya hubungan positif antara kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa, maka disarankan perlunya peningkatan kemampuan mengajar guru demi peningkatan hasil belajar siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 37 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.